Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uno Berkomitmen Kembangkan Pariwisata Riau

Riau memiliki punya potensi wisata kebudayaan dan sejarah seperti Kerajaan Siak dan Candi Muara Takus.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  17:22 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno. Sandiaga berkomitmen untuk membangun dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang ada di Provinsi Riau, salah satunya pantai Rupat di Kabupaten Bengkalis.  -  Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno. Sandiaga berkomitmen untuk membangun dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang ada di Provinsi Riau, salah satunya pantai Rupat di Kabupaten Bengkalis. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno berkomitmen untuk membangun dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang ada di Provinsi Riau, salah satunya pantai Rupat di Kabupaten Bengkalis.

Pernyataan itu disampaikannya pada agenda rapat pengembangan kepariwisataan daerah antara Kemenparekraf dengan Pemprov Riau, yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Sandiaga Uno juga sempat bernostalgia dengan masyarakat Riau, dan dia mengaku merasa bangga telah terlahir di Provinsi Riau.

"Kami akan komit membangun pariwisata dan ekonomi kreatif di Riau, baik dengan keindahan dari Gelombang Bono di Pelalawan, pantai pasir putih di Pulau Rupat, serta budaya dan adat Melayu yang ada di Riau," ujarnya dalam siaran pers Jumat (26/3/2021).

Sementara itu, Gubernur Riau yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Roni Rakhmat memaparkan berbagai keunggulan dan potensi wisata di daerah itu, seperti Pulau Rupat yang kawasannya sangat strategis bagi pariwisata nasional.

"Pulau Rupat sangat potensial untuk dikembangkan, karena selain keindahannya juga karena posisi geografisnya yang sangat dekat dengan Malaysia," ujarnya.

Roni menambahkan Riau juga punya potensi wisata kebudayaan dan sejarah seperti Kerajaan Siak, dan Candi Muara Takus. Menurutnya untuk pengembangan objek wisata tersebut, perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, terutama dalam mendatangkan investor untuk berinvestasi di sektor pariwisata Riau.

Selanjutnya, Ketua Majelis Kerapatan Adat, Lembaga Adat Melayu Riau, Syahril Abu Bakar mengatakan Riau memiliki banyak kampung adat yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata, dan tentunya bisa menjadi daya tarik wisatawan dengan mengedepankan wisata budaya dan adat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau kemenparekraf sandiaga uno
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top