Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Riau Anggarkan Bantuan Alat Tangkap dan Kapal Nelayan Senilai Rp3,16 Miliar

Kepala DKP Provinsi Riau Herman Mahmud menjelaskan bantuan kapal itu juga dilengkapi dengan alat tangkap ikan serta mesin perahu bagi para nelayan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  13:27 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau mengalokasikan anggaran bantuan sebanyak 51 unit kapal nelayan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun ini.

Kepala DKP Provinsi Riau Herman Mahmud menjelaskan bantuan kapal itu juga dilengkapi dengan alat tangkap ikan serta mesin perahu bagi para nelayan.

"Bantuan 51 unit kapal dan alat tangkap, Insya Allah tahun ini akan kami salurkan kepada nelayan di Riau," ujarnya dalam siaran pers Senin (22/2/2021).

Herman menjelaskan bantuan 51 unit kapal dan alat perangkap ikan itu akan dibagikan kepada nelayan di lima kabupaten diantaranya, Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Pelalawan. 

Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp3,16 miliar untuk program bantuan hibah sarana usaha perikanan tangkap, termasuk bantuan kapal dan alat tangkap ikan bagi nelayan.

Kemudian, untuk bantuan kapal yang dianggarkan diantaranya kapal fiber kapasitas 1 GT sebanyak 34 unit, kapal fiber 2 GT sebanyak 7 unit, dan bodi kapal 10 unit. Sedangkan jumlah alat penangkap ikan diantaranya Gill Net sebanyak 38 unit, Trammel Net 9 unit, dan bahan alat tangkap pengilar 1 unit. Kemudian 10 unit mesin inboard 16 HP (mesin perahu). 

"Bantuan kapal dan penangkap ikan itu akan kami serahkan kepada 66 kelompok nelayan di lima kabupaten itu. Total semuanya ada 109 unit hibah bantuan perikanan yang kami serahkan tahun ini. Bantuan ini juga sebagai perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan Riau."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top