Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pariwisata Terdampak Corona, Warkop Digital Diharapkan Dorong Ekonomi Desa

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan keberadaan Warkop Digital bisa menjadi wadah untuk memulihkan perekonomian desa, khususnya program Desa Digital Desa Wisata (Dedi Dewi).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  21:45 WIB
Bupati Kabupaten Pesawaran Dendi Ramadhona meresmikan fasilitas Warkop Digital untuk dongkrak sektor pariwisata dan UMKM
Bupati Kabupaten Pesawaran Dendi Ramadhona meresmikan fasilitas Warkop Digital untuk dongkrak sektor pariwisata dan UMKM

Bisnis.com, JAKARTA - Fasilitas Warkop Digital pertama diresmikan di Kabupaten Pesawaran, Lampung guna mendorong perekonomian desa yang melambat akibat pandemi Covid-19

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan keberadaan Warkop Digital bisa menjadi wadah untuk memulihkan perekonomian desa, khususnya program Desa Digital Desa Wisata (Dedi Dewi).

Digitalisasi disandingkan dengan wisata, itulah yang dimaksud dengan Dedi Dewi itu," kata Dendi dalam keterangan pers, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, hampir semua desa di Kabupaten Pesawaran memiliki potensi wisata. Sayangnya, keindahan alam di kawasan tersebut tidak terekspos oleh wisatawan sehingga diperlukan akses digital.

Dia menilai Warkop Digital bisa menjadi tempat titik berkumpul untuk menuangkan gagasan dan juga ada pembelajaran ilmu bagi para pelaku usaha, terutama kaum muda.

"Kalau bisa semua desa yang sudah siap untuk menyediakan alat-alat penunjang digitalisasi. Terima kasih untuk semua pihak membantu program desa digital, terutama Bencoolen Coffee dan Cyber Global Indonesia," imbuhnya.

Meski demikian, Dendi mengakui masih ada zona blank-spot di desa-desa Pesawaran. Dia juga berharap akan ada BUMN yang mendukung pengembangan kawasan Pesawaran dengan membangun fiber optik untuk akses internet.

Seperti wilayah lain di Indonesia, dia mengatakan sektor swasta Pesawaran yang paling terdampak pandemi virus Corona. Sebelum pandemi Covid-19, kata Dendi, Pesawaran sedang giat membangun sektor pariwisata.

Dia berharap orang-orang bisa menikmati pariwisata secara virtual karena tidak bisa menikmati wisata secara langsung. Dengan digitalisasi, desa-desa dapat fokus menyuguhkan potensi lain seperti kuliner ataupun kerajinan tangan.

Kepala Desa Hanura Rio Remota mengatakan program Warkop Digital bisa dioptimalkan untuk mengenalkan produk-produk lokal setempat.

"Kalau ada warga yang memasarkan produk tinggal datang ke Warkop Digital. Jadi bukan hanya ngopi," kata Rio.

Program Warkop Digital bertujuan untuk mendorong akselerasi desa wisata dan akselerasi komoditi desa untuk meningkatkan ekonomi digital di desa. Bukan hanya itu, Warkopa Digital juga memberikan mitra rekomendasi jika ingin mengembangkan usaha dengan bantuan lembaga pembiayaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata lampung
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top