Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rektor Baru USU Resmi Dilantik

Ketua Manelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (USU) resmi melantik Muryanto Amin sebagai Rektor USU periode 2021-2026.
Cristine Evifania Manik
Cristine Evifania Manik - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  18:33 WIB
Pelantikan Muryanto Amin di Auditorium Gedung D Lantai 2, Komplek Kemendikbud Jalan Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan Jakarta Pusat, Kamis (28/1 - 2021).
Pelantikan Muryanto Amin di Auditorium Gedung D Lantai 2, Komplek Kemendikbud Jalan Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan Jakarta Pusat, Kamis (28/1 - 2021).

Bisnis.com, MEDAN - Ketua Manelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (USU) resmi melantik Muryanto Amin sebagai Rektor USU periode 2021-2026. Dengan begitu, Muryanto adalah Rektor USU yang keenam belas.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua MWA USU Kartini Panjaitan Sjarir dan berlangsung di Auditorium Gedung D Lantai 2, Komplek Kemendikbud Jalan Jenderal Sudirman Pintu 1 Senayan Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021) pukul 14.00 WIB.

Muryanto Amin menyatakan, di masa kepeminpinannya, seluruh civitas akademika USU dapat menyatukan energi untuk membangun USU yang lebih baik ke depannya.

"Seluruh sumber daya yang dimiliki USU harus sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal untuk memperbaiki sektor-sektor yang belum tersentuh dan juga menyempurnakan pekerjaan-pekerjaan yang sudah dimulai di masa kepemimpinan rektor sebelumnya," kata Muryanto usai pelantikan , Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, salah satu tantangan terberat yang akan dihadapi USU adalah mewujudkan visi dan misi USU untuk masuk jajaran world class university. Selain itu, katanya, USU harus melakukan adaptasi teknologi dalam metode pembelajaran di tengah pandemi yang belum juga kunjung melandai.

Muryanto optimistis kerja sama USU dengan berbagai pihak akan semakin meningkat, diantaranya pembangunan USU bersama pemerintah sesuai dengan tridharma perguruan tinggi.

Pelantikan Rektor baru USU ini sekaligus mengakhiri isu self-plagiarism yang sempat dilayangkan kepada Muryanto. Ia dinyatakan tidak bersalah dan berhak untuk dilantik.

Sementara itu, Kartini berharap seluruh unsur universitas memahami bahwa tidak ada pihak yang kalah maupun menang dalam pemilihan rektor USU yang dilaksanakan pada bulan Desember 2020 lalu. Katanya, seluruh keputusan dibuat untuk kemajuan Universitas.

“Sekarang waktunya untuk bersatu, bahu membahu membangun USU lebih baik. Saya meminta kepada rektor terpilih Dr Muryanto Amin untuk memulai kiprahnya dengan semangat, merangkul semua dan memberdayakan semua potensi yang ada. Inilah tantangan Rektor USU ke depan, jangan takut bersikap dan harus bisa menjadi pemimpin yang mengayomi semua,” katanya, Kamis (28/1/2021).

Kartini juga mengajak seluruh civitas akademika USU untuk mendukung Rektor USU yang baru melaksanakan program kerjanya serta mampu membangun sinergi.

Adapun, Muryanto sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

Pria kelahiran 30 September 1974 ini maju dalam ajang pemilihan rektor USU periode 2021-2026 dan lolos sebagai rektor terpilih dengan mendapatkan 18 suara (57,75%) mengungguli 2 kandidat calon rektor lainnya, yakni Farhat yang memperoleh 11 suara (35,75 persen) dan Muhammad Arif yang mendapatkan 2 suara (6,5 persen).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top