Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Curah Hujan Meningkat, Ketinggian Air di PLTA Koto Panjang Masih Normal

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar mengatakan selama 10 hari belakangan ini intensitas curah hujan di wilayah hulu mengalami peningkatan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  20:41 WIB
Hujan disertai petir - Istimewa
Hujan disertai petir - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Riau sebagai pihak pengelola waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, menyatakan saat ini kondisi ketinggian air waduk berada dalam kategori normal, meskipun belakangan ini curah hujan cukup tinggi.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar mengatakan selama 10 hari belakangan ini intensitas curah hujan di wilayah hulu mengalami peningkatan dengan kondisi air waduk berada pada ketinggian rata-rata 79,19 mdpl, dan masih dalam kategori normal, sehingga tidak dilakukan pembukaan spillway (pelimpahan waduk) 

“Dalam waktu selama 10 hari belakanagan ini dengan meningkatnya curah hujan di hulu waduk kondisi ketinggian air berada di dalam kategori normal  sehingga tidak ada pembukaan pintu spillway," kata Cecep dalam siaran persnya Selasa (26/1/2021). 

Lebih lanjut dikatakannya, apabila kondisi air nantinya berada diatas 84 mdpl baru akan dilakukan pembukaan pintu air spillway. 

“Pada saat ini kondisi ketinggian air berada di 78.78 mdpl, sehingga masih dalam batas normal dan pintu air spillway tidak dibuka," ujarnya.

Namun demikian, Cecep menyampaikan agar warga masyarakat yang berada di sekitar PLTA Kota Panjang  tetap waspada dengan adanya musim penghujan saat ini, pihak PLTA Koto Panjang juga akan terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah, aparatur dan tokoh masyarakat setempat.

"Kami akan terus memberikan informasi melalui media sosial dan pengumuman bagi masyarakat tentang perkembangan ketinggian muka air waduk PLTA apabila akan dilakukan pembukaan spillway secara bertahap."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hujan plta waduk
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top