Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Empat Prioritas Pembangunan Kabupaten Lingga

Bupati Lingga menyampaikan empat sektor prioritas pembangunan wilayahnya ke depan.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 16 Januari 2021  |  11:51 WIB
Ilustrasi. Nelayan menurunkan ikan tangkapannya di pantai, Selasa (7/4 - 2020). ANTARA
Ilustrasi. Nelayan menurunkan ikan tangkapannya di pantai, Selasa (7/4 - 2020). ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau menyebut sektor perikanan, peternakan, pertanian dan pariwisata menjadi sektor prioritas pembangunan ke depan. Keempat sektor itu dinilai memiliki potensi yang sangat besar di Bunda Tanah Melayu.

Plt. Bupati Lingga M. Nizar mengatakan Kabupaten Lingga sebagai gugus kepulauan memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Sektor kelautan dan perikan selama ini menjadi salah satu andalan masyarakat, sementara pertanian terus dikembangkan.

“Prioritas ke depan ada empat sektor yakni perikanan, peternakan, pertanian dan pariwisata. Ini akan kami kembangkan,” ujar Nizar dalam keterangan resmi, Sabtu (16/1/2021).

Nizar menjelaskan terdapat sejumlah program strategis untuk mengembangkan sektor perikanan baik itu perikanan tangkap maupun budidaya. Ke depan pemerintah Kabupaten Lingga juga akan mengupayakan pelabuhan ikan, pengembangan cold storage, hingga wisata kuliner.

Pada sektor pertanian, katanya, Kabupaten Lingga terus berbenah dengan mengembangkan food estate. Untuk mendorong sektor pertanian, peternakan dan pertanian, pemerintah telah menggagas hadirnya Politeknik Lingga untuk menyediakan tenaga profesional pada ketiga sektor tersebut.

“Politeknik Lingga, pabrik pakan ikan adalah bentuk nyata untuk mengembangkan sektor prioritas di Lingga,” tambahnya.

Pada sektor pariwisata, kata Nizar, Lingga memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah seperti pantai, pemandian air panas hingga gunung karena merupakan kabupaten dengan ratusan pulau kecil. Sejauh ini, banyak lokasi wisata dikelola oleh pemerintah desa dengan dukungan dari pemerintah provinsi.

Adapun, Pemerintah Kabupaten Lingga rencananya akan meresmikan tiga fasilitas penting pada awal tahun ini. Ketiga fasilitas itu ialah Politeknik Lingga, Pabrik Pakan Ikan, dan Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top