Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Turun Tipis, Harga TBS Sawit Riau Pekan Ini Rp2.174,31 Per Kilogram

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau, periode 6-12 Januari 2021, mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit, dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp5,78 per kg.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  18:42 WIB
Pekerja memuat tandan buah segar (TBS) kelapa sawit - Antara
Pekerja memuat tandan buah segar (TBS) kelapa sawit - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU--Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau, periode 6-12 Januari 2021, mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit, dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp5,78 per kg.

"Awal tahun ini terjadi penurunan harga mencapai 0,27 persen dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp2.174,31 per kg," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru seperti dikutip mediacenter.riau.go.id Selasa (5/1/2021).

Ia menjelaskan, bahwa turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan, yang menjadi sumber data untuk harga jual CPO, PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp34,42 per kg, PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp87,67 per kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual Kernel, PT Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp50,00 per kg, PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp52,00 per kg dari harga minggu lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, turunnya harga TBS minggu ini karena mengawali perdagangan pekan ini, kontrak minyak sawit mentah (CPO) Malaysia ditransaksikan lebih rendah," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau harga cpo
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top