Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telkomsel Sumbagsel Tingkatkan Kapasitas Jaringan Antisipasi Libur Nataru

Operator telekomunikasi, Telkomsel, meningkatkan kapasitas jaringan di Sumatra Bagian Selatan untuk antisipasi lonjakan trafik selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  21:15 WIB
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Operator telekomunikasi, Telkomsel, meningkatkan kapasitas jaringan di Sumatra Bagian Selatan untuk antisipasi lonjakan trafik selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Rowland Silalahi, General Manager Network Operation and Quality Management Telkomsel Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), mengatakan pihaknya telah menyiapkan jaringan sejak awal semester II/2020.

“Kami sudah menambah BTS (base transceiver station)maupun penguatan kapasitas layanan,” katanya, Selasa (22/12/2020).

Rowland memaparkan persiapan tersebut terutama diterapkan di sejumlah daerah yang diperkirakan bakal mengalami lonjakan konsumsi layanan telekomunikasi.

Menurut dia, pihaknya telah menambah 1.262 network element BTS di seluruh wilayah Sumbagsel.  Sementara peningkatan kapasitas jaringan dilakukan untuk 1.188 BTS eksisting.

Dia melanjutkan perusahaan memerkirakan akses layanan data meningkat sebesar 11%, layanan suara (voice) sebesar 3% dan SMS sebesar 0,63%.

“Telkomsel terus fokus meningkatkan kapasitas jaringan, baik layanan data, voice dan SMS untuk menyambut momen Natal dan Tahun Baru,” kata dia.

Rowland melanjutkan kemampuan jaringan telah diuji secara berkala dengan metode drive test. Uji tersebut dilakukan secara merata di pusat kota hingga pelosok yang diprediksi menjadi titik point of interest (POI).

Untuk Sumbagsel, setidaknya ada 50 titik lokasi yang menjadi POI pada momen Natal dan Tahun Baru 2021.

“Tidak hanya penambahan dan penguatan jaringan, Telkomsel juga telah mengantisipasi lonjakan permintaan terhadap produk dengan meningkatkan jumlah distribusi,” katanya.

Sementara itu untuk pusat layanan, Tekomsel akan menyiapkan 3 GraPARI di Sumbagsel yang akan tetap melayani pelanggan pada hari libur, termasuk saat Natal dan Tahun Baru.

GraPARI tersebut tersebar di beberapa lokasi, antara lain GraPARI Palembang Icon, GraPARI MDP Palembang dan GraPARI WTC Mall Jambi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top