Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Riau Jalani Perawatan setelah Terkonfirmasi Positif Covid-19

Gubernur Riau Syamsuar terkonfirmasi positif Covid-19, dan kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Sebelumnya, istri gubernur, Misnarni lebih dulu positif dari klaster Dharma Wanita.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  17:38 WIB
Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Indra Yovie beserta Kadis Kesehatan Riau Mimi Yuliani dan Kadis Kominfotik Riau Chairul Riski adakan konpers terkait Gubernur Riau terkonfirmasi positif Covid-19 di posko satgas, Komplek Gubernur, Selasa (1/12/2020).  - Binis/Eko Permadi.
Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Indra Yovie beserta Kadis Kesehatan Riau Mimi Yuliani dan Kadis Kominfotik Riau Chairul Riski adakan konpers terkait Gubernur Riau terkonfirmasi positif Covid-19 di posko satgas, Komplek Gubernur, Selasa (1/12/2020). - Binis/Eko Permadi.

Bisnis.com, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar terkonfirmasi positif Covid-19, dan kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Sebelumnya, istri gubernur, Misnarni lebih dulu positif dari klaster Dharma Wanita.

Juru Bicara Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indra Yovie mengatakan setelah Gubernur Riau mengikuti kegiatan di DPRD Riau mengalami keluhan tidak enak badan.

“Pemeriksaan swab [Senin] sore dan keluar hasil hari ini. Nah dari hasil itulah terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Yovie dalam konferensi pers Selasa (1/12/2020).

Kondisinya saat ini stabil dan hanya keluhannya ringan.

Yovie melanjutkan setelah berdiskusi dengan gubernur, tim menyarankan membawa ke Rumah Sakit lantaran Gubri Syamsuar ada sakit penyerta (kormobid) dan faktor usia.

“Tepat jam 1 tadi, beliau masuk di salah satu rumah sakit,” ujarnya.

Kemudian dilakukan pemeriksaan standar pasien Covid-19, seperti rontgen foto, darah dan lain-lainnya. Ada beberapa dokter terlibat dalam penanganannya seperti spesialis penyakit dalam, jantung, paru berkolaborasi bersama agar gubernur cepat sembuh dan beraktivitas seperti sedia kala.

“Bapak Gubernur dan istri dirawat di ruangan yang sama karena sama-sama terkonfirmasi positif,,” tambahnya.

Dia menyarankan pada beberapa pasien keluarga selalu digabung agar saling menguatkan. Di ruang isolasi lebih baik kondisi psikologis yang ada temannya daripada sendiri.

Berdasarkan penjelasan Indra Yovie, kronologis Gubri tertular virus Covid-19. Pada Kamis pekan lalu ada beberapa pegawai yang bekerja di komplek gubernuran dan keluarga kepala dinas mengalami keluhan. Dilakukan pemeriksaan swab hari Kamis. Beberapa terkonfirmasi positif.

Saat itu gubernur berada di Jakarta menghadiri peluncuran buku Bonita karya alm. Haidir Tanjung. Kemudian saat berada di Jakarta Gubernur Riau didampingi istri. Malamnya Misnarni mengalami batuk-batuk.

Sabtu pagi keduanya melakukan swab. Keluar hasilnya Minggu, istri gubernur positif Covid-19. Keluhannya ringan jadi isolasi mandiri. Karena Gubernur negatif beraktivitas seperti biasa dan tidak ada keluhan.

Namun, pada Senin usai menghadiri kegiatan DPRD Riau, Syamsuar mengalami keluhan tidak enak badan. Dan hari ini dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Yovie bilang ada beberapa kecurigaan selain agenda gubernur, ada keluarga dan anggota yang lain. Kalau dari pantauan sendiri saat acara protokolnya berjalan dengan baik. Tetapi kadang-kadang yang terjadi itu bukan pas acaranya setelah itu pas makan siangnya misalnya.

“Covid-19 tidak mengenal profesi, jabatan, semuanya beresiko,” katanya.

Statusnya sama di mata Covid-19 yang membedakan ada atau tidak pada seseorang itu imunitas, kepatuhan dan disiplin prokes. Tetapi kalau disekeliling tidak disiplin juga beresiko.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Riau Chairul Riski juga menjelaskan aktivitas gubernur sepekan terakhir.

Gubernur lebih banyak menghadiri kegiatan virtual. Tetapi ada yang secara langsung seperti di Hotel Premiere kegiatan rapat Vokasi Dunia Usaha Dunia Industri pada Senin (23/11/2020).

Kemudian Selasa kebanyakan berada kediaman, Rabu menghadiri tradisi penerimaan alutsista di Arhanud Korem dan di hari yang sama Balai Serindit, untuk penyerahan DIPA. Kamis, gubernur menghadiri acara ICCN di Bali. Menuju ke Jakarta Jumat jam 2 siang kegiatan bedah buku Bonita di KLHK.

Sabtu pagi kembali ke Pekanbaru, menghadiri puncak peringatan HUT PGRI virtual di gedung daerah balai serindit. Siangnya hadir di DPRD Riau untuk menyampaikan nota keuangan. Minggu beraktivitas di kediaman.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyampaikan ada penambahan baru dari klaster Dharma Wanita total kurang lebih 20 orang positif. Beberapa di antaranya Karo Adpim, Karo Pembangunan dan istri, Kadis Kebudayaan dan istri, Kadis Perikanan dan Kelautan beserta istri dan Istri Sekda.

Semuanya isolasi mandiri ada di rumah, di tempat yang disediakan pemerintah dan ada yang di rumah sakit. Sesuai dengan gajala yang dialami.

“Harapan kita tidak ada lagi penambahan dari klaster Dharma Wanita,” tutupnya. (K42).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top