Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Siap Bangun Persemaian Bibit di 6 Lokasi

Pemerintah akan menyelesaikan sebanyak 6 nursery centre yang saat ini lokasinya sudah disiapkan dan konstruksi akan mulai dilaksanakan Januari 2021.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 28 November 2020  |  18:26 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ikut mendampingi Presiden Joko Widodo ketika mengunjungi Pusat Perbenihan di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jumat pagi (27/11/2020). - Istimewa
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ikut mendampingi Presiden Joko Widodo ketika mengunjungi Pusat Perbenihan di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jumat pagi (27/11/2020). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan menyelesaikan sebanyak 6 nursery centre yang saat ini lokasinya sudah disiapkan dan konstruksi akan mulai dilaksanakan Januari 2021.

Dengan manajemen yang juga dipersiapkan, maka dalam waktu selama 18 bulan pekerjaan, sudah akan dapat beroperasi dan menghasilkan. Keenam lokasi itu meliputi:

  1. Persemaian modern Rumpin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, seluas 128-159 hektare. Persemaian ini direncanakan menghasilkan 15-16 juta bibit per tahun.
  2. Persemaian modern kawasan IKN seluas 120 hektare, berlokasi di Kawasan Hutan Produksi, Desa Mentawir, Kec. Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara, Kaltim. Direncanakan menghasilkan bibit tanaman sebanyak 15 juta bibit/tahun yang akan diperuntukkan untuk keperluan rehabilitasi hutan dan lahan serta estetika di kawasan Ibu Kota Negara dan sekitarnya dengan jenis tanaman meliputi tanaman hutan, tanaman buah- buahan, dan tanaman estetika (Tabebuya dan Jacaranda).
  3. Persemaian modern daerah pariwisata Danau Toba seluas 37,25 hektare berloaksi di Kawasan Hutan Lindung Blok Sibisa, Desa Motung, Kec. Ajibasa, Kab. Toba, Prov Sumut. Direncanakan menghasilkan bibit tanaman sebanyak 5 juta bibit/tahun yang akan menunjang Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba dengan jenis tanaman meliputi tanaman hutan, tanaman buah-buahan, dan tanaman estetika dengan tanaman unggulan Maccadamia tetrafolia dan Maccadamia integrifolia.
  4. Persemaian modern Labuan Bajo seluas 30 hektare, berlokasi di Kawasan Hutan Produksi Satar-Kodi, Nggorang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat Kab, NTT. Direncanakan menghasilkan bibit tanaman sebanyak 5 juta bibit/tahun yang akan menunjang Destinasi Wisata Super Prioritas Labuan Bajo dengan jenis tanaman meliputi tanaman hutan.
  5. Persemaian modern Mandalika seluas 32,25 hektare berlokasi di Kawasan Hutan Lindung, Rembitan-Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Provinsi NTB. Direncanakan menghasilkan bibit tanaman sebanyak 5 juta bibit/tahun yang akan menunjang Destinasi Wisata Super Prioritas Mandalika dengan jenis tanaman meliputi tanaman hutan, tanaman buah- buahan dan tanaman estetika dengan jenis tanaman unggulan bougenville (Bougainvillea glabra) sesuai dengan ikon wisata daerah tersebut yaitu Pink Mandalika.
  6. Persemaian Modern Likupang seluas 30.33 hektare berloaksi di Kawasan TWA Batu Putih, Batu Putih Bawah, Kec. Ranowulu, Kota Bitung, Prov Sulawesi Utara. Direncanakan menghasilkan bibit tanaman sebanyak 5 juta bibit/tahun yang akan menunjang Destinasi Wisata Super Prioritas Likupang dengan jenis tanaman meliputi tanaman hutan, tanaman buah- buahan dan tanaman estetika diutamakan tanaman endemik Sulawesi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, pembangunan persemaian dilakukan secara utuh meliputi pembangunan fisik produksi bibit, didukung oleh kebijakan kelembagaan sebagai persemaian nasional bahkan internasional, manajemen persemaian, serta peningkatan sumber daya manusia ahli benih dan bibit tanaman kehutanan.

“Di setiap unit persemaian akan memproduksi bibit hingga di atas 10-15 juta per tahun dengan tanaman yang bernilai ekologis dan ekonomis sesuai arahan Presiden. Pembangunan persemaian dilakukan pada Januari 2021 dan akan ditata manajemen perbenihan  yang baik sesuai arahan Presiden,” ujar Siti dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

Siti ikut mendampingi Presiden Joko Widodo ketika mengunjungi Pusat Perbenihan di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jumat pagi (27/11/2020). Kunjungan kali ini untuk melihat lokasi yang nantinya akan dibangun pusat perbenihan skala besar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbenihan klhk
Editor : Herdiyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top