Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Usaha Didorong Bangkitkan Sektor Pariwisata Musi Banyuasin

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mendorong sektor pariwisata di daerah itu bangkit di tengah pandemi melalui peningkatan kapasitas dan skill untuk pelaku bisnis wisata setempat.
Wisata Bunyiasin
Wisata Bunyiasin

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mendorong sektor pariwisata di daerah itu bangkit di tengah pandemi melalui peningkatan kapasitas dan skill untuk pelaku bisnis wisata setempat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba, Yusman Sriyanto, mengatakan pihaknya menilai pemilik pariwisata lokal butuh inovasi dan terobosan untuk mengelola destinasinya terutama saat masa pandemi Covid-19.

“Untuk membangkitkan minat dan daya tarik dari pariwisata di tengah pandemi cukup sulit. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah inovasi dan terobosan baru membuat daya tarik agar pariwisata di Kabupaten Muba dapat bangkit kembali,” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Yusman menjelaskan pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian baik secara nasional bahkan sampai tingkat daerah dan masyarakat, juga dapat meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah.

Menurut dia, dengan memberikan pelatihan tata kelola destinasi wisata, pihaknya berharap pelaku dapat mengembangkan tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya dengan baik dan berbagai inovasi.

“Inovasi yang dapat diciptakan seperti dari pelayanan, keunikan tempat wisata dengan mengelola sumber daya alam yang baik dan juga kulinernya,” kata Yusman.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba M Fariz menambahkan pandemi Covid-19 hampir membuat seluruh sektor terdampak dan mengalami guncangan termasuk juga dengan sektor pariwisata.

“Berbagai upaya sudah dilakukan Pemkab Muba untuk memulihkan sektor pariwisata, selain bantuan juga pelatihan tata kelola destinasi wisata, salah satunya lewat penerapan protokol kesehatan” katanya.

Menurut dia, terdapat 40 pelaku pariwisata yang mendapatkan pelatihan yang diharapkan setelahnya dapat berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper