Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Blogger dan UMKM Dongkrak Pertumbuhan Layanan Hosting

Sektor pengguna blogger dan UMKM dongkrak pertumbuhan layanan komputasi awan dan jasa penyewaan paladen khusus yang memakai jasa IDCloudhost.
Eko Permadi
Eko Permadi - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  20:03 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU — Sektor pengguna blogger dan UMKM dongkrak pertumbuhan layanan komputasi awan dan jasa penyewaan paladen khusus yang memakai jasa IDCloudhost. Begitu juga sektor pendidikan menyumbang hampir 60 persen pendapatan perusahaan.

Chief Marketing Officer IDCloudhost Muhammad Mufid Lutfi mengatakan pertumbuhan perusahaan per Oktober 2020 meningkat lebih dari 40 persen dibanding tahun lalu. Meski ada pandemi Covid-19, tak terlalu berdampak pada kinerja perusahaan.

“Banyak sekali stakeholder seperti blogger, UMKM, perusahaan mulai bertranformasi secara paksa kali ya ke digital,” kata Mufid kepada Bisnis, Selasa (27/10/2020).

Orang yang membuat dan mengelola blog (blogger) menjadi segmen yang besar di IDCloudhost. Porsinya mencapai 10-15 persen baik dari individual atau bentuk perusahaan.

Bersempena Hari Blogger Nasional yang jatuh pada hari ini, menurut Mufid ada potensi besar untuk melayani pengguna dari sektor blogger. Hal ini dia lihat dari aktivitas diskusi kumpulan blogger di media sosial seperti Facebook.

Misalnya orang yang hobi menulis mulai beralih ke digitalisasi membuat blog pribadi, mencoba peruntungan menjadi blogger untuk mendapatkan uang dari internet. Selain itu, blogger lama sering bandingkan harga layanan dan rekomendasi beralih ke IDCloudhost.

Tak hanya blogger, UMKM juga mengalami peningkatan. Data per September 2020 ada penambahan 8.000 pelanggan atau sekitar 8-10 persen, kemudian dari sektor sekolah meningkat 2.000 pelanggan, lembaga swadaya masyarakat meningkat 1.000 pelanggan dan sisanya lain-lain 250.000.

Selain kedua sektor tersebut, penyumbang besar datang dari dunia pendidikan.

Mufid menjelaskan sekarang banyak sekolah yang menyediakan pembelajaran jarak jauh dan penerimaan peserta didik baru yang menggunakan layanan digital. Per Maret 2020 sektor ini menyumbang sekitar 60 persen pendapatan perusahaan.

Pertumbuhan costumer IDCloudhost setiap tahunnya bertambah. Pada 2020 ini pelanggan mencapai 90.000. Meski pandemi, tak menganggu perkembangan perusahaan. Kata Mufid, sektor perusahaannya salah satu yang mendapat keuntungan akibat pandemi.

“Mungkin ada client kita dari perhotelan dan pariwisata kesulitan membayar,” ujarnya.

Soal ini perusahaan mengedepankan win win solution dengan pelanggan tersebut. Misalnya harga yang dibayar pelanggan sesuai dengan jumlah penggunaan layanan. Sekitar 20 persen porsi dari sektor ini menurun sehingga tidak berdampak ke perusahaan karena dapat diatasi dari sektor lain yang sedang tumbuh.

Terbaru, IDCloudhost luncurkan layanan Private Cloud Server bisa dipakai blogger dengan instalasi wordpress yang mudah. Menurutnya hal ini membantu gunakan layanan Virtual Private Server (VPS). Tak hanya blogger, layanan ini juga banyak dipakai sektor UMKM.

“Supaya mereka lebih mudah, kemudian kalau hosting tidak sanggup beralih ke VPS,” katanya.

Mufid melanjutkan strategi mengembangkan usaha dari unit pelanggan blogger adalah dengan kerja sama beberapa komunitas hampir di setiap provinsi. IDCloudhost gratiskan layanan hosting dan domain bahkan sampai lima tahun. Contohnya komunitas blogger di Pekanbaru beri dampak positif dari kerjasama tersebut yang sudah berjalan tiga tahun.(K42).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekanbaru Web hosting
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top