Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Telkomsel Gandeng Rumah Zakat Berdayakan Ekonomi Warga Palembang

Telkomsel berkolaborasi dengan Rumah Zakat untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kota Palembang yang terdampak pandemi Covid-19.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  18:59 WIB
Telkomsel Gandeng Rumah Zakat Berdayakan Ekonomi Warga Palembang - Bisnis/Dinda
Telkomsel Gandeng Rumah Zakat Berdayakan Ekonomi Warga Palembang - Bisnis/Dinda

Bisnis.com, PALEMBANG - Telkomsel berkolaborasi dengan Rumah Zakat untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kota Palembang yang terdampak pandemi Covid-19.

Manager Branch Telkomsel Palembang, Samsurizal, mengatakan pihaknya berupaya untuk berkontribusi dalam peningkatan ekonomi warga setempat. 

“Kami memahami bahwa pandemi telah berdampak pada sektor ekonomi, tak terkecuali di Sumsel. Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Rumah Zakat untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat,” katanya, Kamis (15/10/2020).

Dia mengatakan program pemberdayaan ekonomi tersebut bertajuk Desa Berdaya. Dalam tahap awal, pihaknya memilih pelaksanaan program untuk warga di Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. Kelurahan dengan luas 750 hektare tersebut didiami 22.000 penduduk yang mayoritasnya adalah pedagang. 

“Selama program berlangsung, masyarakat di Kelurahan Ilir 8 mendapat bantuan pemberdayaan usaha,” katanya.

Menurut Samsurizal, bantuan tidak terbatas kucuran modal, namun mencakup pelatihan dan pembinaan, pembangunan sarana usaha, pengembangan produk hingga pendampingan usaha selama satu tahun. 

“Pendekatan yang kami terapkan ini terintegrasi, mulai dari pembinaan masyarakat, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Telkomsel dan Rumah Zakat juga membentuk Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) di kelurahan tersebut. 

Dia menerangkan, Bummas diharapkan menjadi sebuah media yang menyatukan kekuatan serta asset yang dimiliki masyarakat.

“Harapannya Bummas mampu memperkuat pemberdayaan dan kemandirian di Desa Berdaya kelurahan 8 Ilir, agar nantinya taraf ekonomi masyarakat akan meningkat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan Pemkot Palembang membuka pintu lebar untuk kerjasama dengan berbagai pihak, dalam memulihkan ekonomi warga.

“Kami sudah berupaya, tetapi kalau ada kerja sama dengan banyak pihak tentu akan lebih baik untuk masyarakat,” katanya.

Menurut Fitri, Pemkot telah merealisasikan program bantuan modal untuk 4.000 UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam program tersebut, pihaknya menyalurkan pinjaman modal tanpa agunan dan tanpa bunga kepada pelaku usaha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top