Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OKI Kirim 30 Qori-Qoriah di MTQ Tingkat Provinsi Sumsel

Sebanyak 30 qori-qoriah bakal mewakili Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam agenda Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatra Selatan pada tahun ini.
Pelaksanaan MTQ terbatas tersebut berlangsung di Masjid Agung Jayo Wikramo, Asrama Haji, dan STIQ Al-Lathifiyah Palembang./Istimewa
Pelaksanaan MTQ terbatas tersebut berlangsung di Masjid Agung Jayo Wikramo, Asrama Haji, dan STIQ Al-Lathifiyah Palembang./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Sebanyak 30 qori-qoriah bakal mewakili Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam agenda Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatra Selatan pada tahun ini.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten OKI, Syamsuddin, mengatakan 30 qori-qoriah terbaik yang akan berjuang untuk meraih posisi terbaik.

Selain itu, pelaksanaan kegiataan MTQ tahun ini terpisah di tiga lokasi dengan cabang MTQ yang terbatas, tidak seperti tahun sebelumnya.

“MTQ terbatas tahun ini menjadi gelaran pertama dalam catatan sejarah. Pelaksanaannya pun terpisah di tiga lokasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” katanya, Sabtu (5/9/2020).

Menurutnya, pelaksanaan MTQ terbatas tersebut berlangsung di Masjid Agung Jayo Wikramo, Asrama Haji, dan STIQ Al-Lathifiyah Palembang.

“Selain itu, kita juga akan memastikan setiap qori-qoriah mampu menerapkan protokol kesehatan dari tempat tidur maupun di lokasi perlombaan,” jelasnya.

Syamsuddin menerangkan MTQ bertujuan untuk melestarikan seni baca Alquran serta mendengungkan syiar Islam.

Adapun cabang MTQ tahun ini, antara lain tilawah Alquran untuk anak-anak, remaja, dan dewasa, qiro'at murottal remaja, dan qiro'at murottal dewasa.

Kemudian hifzhil quran 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz dan tilawah, serta 20 juz dan karya tulis ilmiah Alquran. Selain itu juga, akan dilombakan cabang hifzhil quran 30 juz, tafsir bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Antonius Leonardo, mengatakan pihaknya berpesan tiga hal utama untuk semua qori-qoriah terbaik di Bumi Bende Seguguk bersama para pendamping yaitu jadikan MTQ tahun ini sebagai amal ibadah, mampu menjaga nama baik dan mengharumkan Bumi Bende Seguguk di tingkat provinsi dan terapkan protokol kesehatan karena perlindungan terbaik dimulai dari diri kita sendiri.

“Melalui MTQ terbatas tahun 2020 ini, harapannya kita dapat memiliki qori-qoriah yang unggulan dan cerdas mensyiarkan kebaikan sehingga terwujud Bumi Bende Seguguk yang rahmatan lil 'alamin sesuai dengan prinsip pembangunan di OKI Mandira (Maju, Mandiri, dan Sejahtera) berlandaskan iman dan taqwa,” katanya.

Ikhsan dan Shinta, qori-qoriah terbaik, mengatakan sebelum keberangkatannya menyampaikan rasa bangga untuk mengemban amanah mulia dan optimis menjadi yang terbaik di tingkat provinsi.

“Saya Shinta dan Ikhsan merasa bangga dan terhormat bisa mewakili Kab. OKI di tingkat provinsi. Kami akan lakukan semaksimal mungkin, insya Allah Kab. OKI juara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper