Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Palembang dan Gojek Tandatangani 5 MoU

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggandeng Gojek untuk menjamin kemudahan pengiriman dan pengambilan berkas penting hingga revitalisasi fasilitas umum.
Walikota Palembang Harnojoyo meneken MoU kerja sama dengan Gojek. istimewa
Walikota Palembang Harnojoyo meneken MoU kerja sama dengan Gojek. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggandeng Gojek untuk menjamin kemudahan pengiriman dan pengambilan berkas penting hingga revitalisasi fasilitas umum.

Kerjasama itu diawali dengan penandatangan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of understanding) antara Walikota Palembang Harnojoyo dengan PT Aplikasi Anak Bangsa Gojek, Rabu (29/7/2020). Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, ada 5 item yang akan dikerjasamakan dengan pihak Gojek.

“Jadi ada beberapa dinas yang melakukan kerja sama ini, yakni Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhubungan, Disnaker, Perindustrian, Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD), Dinas Perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang,” katanya melalui keterangan resminya Rabu (29/7/2020).

Adapun item kerja sama tersebut mulai dari revitalisasi Halte Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi, pemeliharaan Skate Park di bawah jembatan Ampera, pengantaran dokumentasi dan perizinan,pembinaan Usaha Keci Mikro Menengah (UMKM) pembayaran pakai Go Pay, menunjang promosi wisata dan  pembangunan sistem informasi pelayanan tenaga kerja.

Dengan dilakukan kerja sama ini, kata orang nomor satu di Kota Palembang akan lebih memudahkan masyarakat, baik dalam kepengurusan dokumen perizinan, pengantaran dan pengambilan berkas kartu pencari kerja (Ak-1) dan peningkatan fasilitas umum untuk menambah kenyamanan warga.

“Ini juga sebagai rangsangan dan contoh pihak swasta lainnya dan OPD dalam memberikan peningkatan pelayanan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang, Yanurpan Yany, mengatakan, kerjasama yang dilakukan pihak Disnaker dengan Gojek ini merupakan bagian dari pembangunan sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan.

“Intinya kita memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Palembang, seperti  pembuatan Kartu AK 1, nah ini bisa dibuat dan dicetak sendiri di rumah,” katanya.

Keuntungan yang kedua, Job Fair yang selama ini digelar satu tahun sekali dan memerlukan biaya yang cukup besar, dengan  sistem ini perusahaan setiap saat bisa merekrut pegawai dengan  memanfaatkan sistem yang baru.

Sementara itu, Regional PPGR South of Sumatera Ken Lazuardhi  Syarnubi mengatakan, ada beberapa item kerja sama yang telah dilakukan kerjasama tersebut langsung bisa direalisasikan.

“Perbaikan halte, pemeliharan skate park dan pengantaran dokumen sudah bisa dilakukan,” jelasnya.

Untuk menunjang sektor pendapatan UMKM Gojek memiliki strategi khusus untuk pembinaan untuk pengembangan usaha.

“Kita akan memberikan pelatihan dan pembinaan cara penjualan secara online,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper