Chevron Serahterimakan Pustu Plus Pertama di Sulteng

Pembangunan Pustu Plus tersebut dalam rangka bantuan rekonstruksi pasca benca gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pada 2018 lalu.
Foto: Dok. Chevron.
Foto: Dok. Chevron.

Bisnis.com, SIGI – Provinsi Sulawesi Tengah kini memiliki Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus pertama di wilayahnya. Lokasinya di Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Berbeda dibandingkan fasilitas pustu pada umumnya, Pustu Plus Desa Beka menyediakan layanan perawat, bidan, dan dokter di bawah satu atap.

Pembangunan Pustu Plus tersebut dalam rangka bantuan rekonstruksi pasca benca gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pada 2018 lalu. Fasilitas kesehatan itu dapat dibangun kembali berkat sumbangan dari karyawan dan perusahaan Chevron, sebuah perusahaan energi asal AS yang menjadi salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia dalam kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. Chevron menggandeng Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI) sebagai mitra pelaksana kegiatan rekonstruksi tersebut.

Manajemen Chevron secara resmi menyerahterimakan bangunan Pustu Plus Desa Sigi kepada Bupati Sigi Muhamad Irwan Lapata melalui sebuah acara virtual pada hari Selasa, 7 Juli 2020. ”Bangunan ini lahir dari rasa empati dan kepedulian karyawan dan Perusahaan kami kepada saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Sigi, menyusul bencana yang terjadi,” ungkap Wahyu Budiarto selaku Sr. VP Corporate Affairs PT. Chevron Pacific Indonesia.

Dia menjelaskan, Pustu Plus tersebut dibangun dari hasil sumbangan yang terkumpul dari para karyawan Chevron dan ditambah kontribusi Perusahaan melalui mekanisme matching fund. Artinya, dari dana yang terkumpul dari para karyawan, Perusahaan menambahkan sumbangan tersebut dengan jumlah yang sama, atau dilipatduakan.

Bupati Sigi sangat berterima kasih kepada karyawan dan Perusahaan Chevron serta YKMI. ”Tanpa bantuan dari pihak lain, Sigi tidak akan mampu menyelesaikan perbaikan sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa bumi tahun 2018. Karena itu, kami sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Chevron dan para karyawannya ini,” kata Bupati Sigi Muhamad Irwan Lapata dalam sambutannya. Dia juga mengatakan, masyarakat Desa Beka kini tidak perlu lagi pergi jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Pembina YKMI Muchtar Razali juga bergabung secara virtual pada acara serah terima tersebut. ”Kami bersyukur pembangunan Pustu Plus telah selesai kami kerjakan dengan baik dan memuaskan. Hal ini tentu juga berkat dukungan dan doa dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembangunannya,” kata Muchtar Razali.

Pustu Plus ini dibangun mulai awal Oktober 2019. Bangunan fasilitas tersebut seluas 175 meter persegi dan berdiri di atas lahan 270 meter persegi. Lahan disediakan oleh Pemkab Sigi, hasil dari wakaf salah seorang tokoh masyarakat bernama Alimin.

Proses pembangunan berjalan sekitar 6 bulan. Bangunan Pustu Plus dirancang dengan struktur yang ramah gempa; mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut; serta memperhatikan prosedur standar keselamatan.

Untuk kesinambungan jangka panjang, pihak Chevron menekankan tentang pentingnya dukungan Pemkab Sigi, terutama Dinas Kesehatan, melalui penyediaan tenaga kesehatan yang diperlukan, pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas secara baik. Jika dikelola dengan baik, Chevron berharap Pustu Plus di Desa Beka ini dapat menjadi Pustu pencontohan bagi wilayah lainnya.

Tidak hanya di Sulawesi Tengah, hasil sumbangan karyawan Chevron juga disalurkan untuk membangun fasilitas serupa di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, yang juga mengalami bencana gempa bumi yang lalu. Pembangunan Pustu Plus di Lombok juga telah selesai dan akan diserahterimakan kepada pemerintah daerah dalam waktu dekat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper