Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumbar dan Riau Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Maksimalkan Lahan Kosong

Upaya memperkuat ketahanan pangan terus ditingkatkan di Provinsi Sumatera Barat. Baru-baru ini, anggota Polri di Kabupaten Padang Pariaman menyediakan lahan seluas 23 hektar untuk ditanami jagung dan buah-buahan.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  11:10 WIB
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno - Irwan-prayitno.com
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno - Irwan-prayitno.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Upaya memperkuat ketahanan pangan terus ditingkatkan di Provinsi Sumatera Barat. Baru-baru ini, anggota Polri di Kabupaten Padang Pariaman menyediakan lahan seluas 23 hektar untuk ditanami jagung dan buah-buahan.

Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat, menyampaikan penanaman lahan menjadi peluang besar bagi masyarakat untuk menambah pemasukan dan membuka lapangan usaha. Apalagi, pandemi Covid-19 telah mendorong suatu daerah untuk dapat mencukupi kebutuhan pangan masing-masing.

"Ini merupakan peluang besar untuk bisa memberikan tambahan pendapatan dan membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai petani di nagari [wilayah] tersebut,” kata Irwan melalui keterangan resmi, Jumat (12/6/2020).

Adapun, anggota Polri di Padang Pariaman menyiapkan dua lahan seluas 11 hektare di Kecamatan IV Koto Aur Malintang untuk ditanami pepaya, jagung, cabai rawit, dan lainnya.

Selanjutnya satu lahan seluas 12 hektare di Kecamatan Nagari Malai V Suku Timur akan ditanami jagung. Irwan memperkirakan satu kali hasil panen jagung setiap tiga bulan akan mencapai 40-50 ton.

Sementara itu di Provinsi Riau, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution terus mengimbau agar masyarakat di daerahnya memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman pangan. Setiap daerah pun diminta untuk mengenali jenis tanaman unggulan di daerah masing-masing.

“Jangan lagi kita memasok bahan pangan dari luar yang bisa kita produksi sendiri," kata Edy.

Edy menunjukkan Kabupaten Kepulauan Meranti dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya untuk meningkatkan produksi tanaman unggulan.

Adapun, Kepulauan Meranti terkenal dengan produksi sagu yang dijadikan makanan alternatif pengganti nasi.

"Seperti Meranti, daerah lain di Riau juga bisa mengenali tanaman unggulannya yang kemudian bisa dikembangkan hingga menghasilkan nilai ekonomi serta bisa mengantisipasi untuk ketahanan pangan di Provinsi Riau," jelas Edy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau sumbar ketahanan pangan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top