Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bulog Sumut Pasok Kebutuhan Hampir 1 Juta Paket Bantuan Sembako

Bulog Divisi Regional Sumatra Utara fokus memenuhi kebutuhan program bantuan sembilan bahan pokok (sembako) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  16:03 WIB
Ilustrasi paket sembako./Antara - Rendhik Andika
Ilustrasi paket sembako./Antara - Rendhik Andika

Bisnis.com, MEDAN – Bulog Divisi Regional Sumatra Utara fokus memenuhi kebutuhan program bantuan sembilan bahan pokok (sembako) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Bulog Divre Sumut Arwakhudin Widiarso mengatakan pemesanan paket pangan untuk bantuan sembako berasal dari beberapa pemerintah kabupaten dan kota, BUMN, swasta, hingga masyarakat.

Untuk program bantuan sembako oleh Pemko Medan misalnya, Bulog memasok beras 6.000 ton dan gula sebanyak 600 ton dengan harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

Secara keseluruhan, pemesanan untuk bantuan sembako mencapai hampir 1 juta paket pangan dengan total nilai transaksi sekitar Rp120 miliar. Selanjutnya, paket pangan itu didistribusikan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Banyak sekali pesanan paket sembako ke kita. Dari Medan, Deli Serdang, Langkat, Padang Sidempuan, Tebing Tinggi," ujarnya pada Selasa (19/5/2020).

Lebih lanjut, dia memastikan ketersedian beras di gudang Bulog masih relatif aman. Stok beras di gudang Bulog sebanyak 36.000 ton.

Ketersediaan di gudang Bulog ini siap untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan stok di tengah masyarakat. Selain itu, Bulog Sumut memiliki stok gula hampir 1.000 ton. "Tidak perlu khawatir dengan stok bahan pangan pokok. Menurut hitung-hitungan, stok kita masih relatif aman.”

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Utara Zonny Waldi mengatakan secara umum ketersediaan pangan pokok di Sumut dalam kondisi aman. Bahkan, beberapa komoditas mengalami surplus.

Misalnya, ketersediaan besar cukup untuk 3 - 4 bulan mendatang. Total ketersediaan beras pada Mei 2020 sebanyak 609.384 ton, sedangkan kebutuhannya 159.809 ton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bulog sembako Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top