Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Desa di OKI Mulai Terima BLT Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan pemerintah daerah di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  11:20 WIB
petani di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, memanen padi di sawahnya. istimewa
petani di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, memanen padi di sawahnya. istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan pemerintah daerah di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

BLT dana desa tersebut menyasar 34.408 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 314 desa dan 18 Kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten OKI,Nursula, mengatakan setiap KPM mendapat BLT-DD senilai Rp600.000. Dana tunai tersebut dikucurkan untuk tiga bulan, yakni April hingga Juni 2020.

“Sudah mulai disalurkan sejak minggu lalu. KPM yang disasar adalah hasil dari pendataan relawan desa yang sebelumnya telah dimusyawarahkan melalui Musdes, tertuang dalam Perkades dan disahkan camat setempat,” katanya, Senin (10/5/2020).

Nursula menjelaskan dana desa tahap pertama sudah masuk ke rekening desa dan sebagian besar sudah melaksanakan musyawarah desa (Musdes).

Dia memaparkan terdapat dari 314 desa di OKI, terdapat 176 desa yang sudah menyalurkan BLT-DD. Sementara 232 desa telah menerima transfer di rekening desa masing-masing.

 “Sisanya masih berproses.  Penyaluran berdasarkan proses verifikasi dengan prinsip kehati-hatian” katanya.

Nursula menegaskan bahwa masyarakat yang berhak mendapatkan BLT DD harus memiliki beberapa kriteria.

Mulai dari kehilangan mata pencaharian, punya penyakit menahun /kronis, belum terdata sama sekali mendapatkan BLT-DD dan  belum masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Kriteria sudah jelas. Sekarang tinggal pendataan dibawah secara valid,” kata Nursula.

Pemkab OKI melalui DPMD, menurut dia, akan mengawal proses pendataan maupun penyaluran BLT DD.

Pihaknya juga mengimbau agar proses penyaluran BLT bisa berjalan kondusif dan tetep sesuai dengan imbauan pemerintah tentang pencegahan Covid-19.

“Proses penyaluran BLT desa ke masyarakat harus tetap mematuhi protokol Covid-19, transparan dan melibatkan unsur intansi terkait agar berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu Andi, 37 tahun, warga Desa Anyar Kayuagung, mengatakan dirinya sangat terbantu dengan adanya BLT dana desa.

“Bantuan ini sangat berarti bagi warga yang sedang menghadapi masa sulit, kami mengapresiasi langkah pemerintah mempercepat penyaluran,” katanya.

Diketahui, sebanyak 134 KK di  tersebut tercatat menerima bantuan. Pihak desa menganggarkan dana desa sebanyak Rp241 juta untuk bantuan kepada warga terdampak pandemi.

Sementara itu Camat Lempuing Jaya, Kabupaten OKI, Hendra Anggara mengatakan pihaknya telah menginisiasi pemerintah desa untuk menyalurkan bantuan secara door to door.

Penyaluran BLT-DD untuk bulan April itu diantar langsung oleh aparat desa didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas ke rumah-rumah warga.

“Aparat desa didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas ke rumah-rumah warga,ini untuk menghindari kerumunan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blt Virus Corona dana desa ogan komering ilir
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top