Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jam Operasional Bandara SMB II Palembang Dikurangi

Jam operasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II Palembang dibatasi dari semula pukul 05.00--24.00 menjadi pukul 06.00 - 18.00 WIB.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 April 2020  |  17:04 WIB
Jam Operasional Bandara SMB II Palembang Dikurangi
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan. - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG – Jam operasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II Palembang, Sumatra Selatan, dikurangi dari semula pukul 05.00—24.00 WIB menjadi pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang PT Angkasa Pura II (Persero), Fahroji, mengatakan Bandara SMB II merupakan satu dari 12 bandara di Indonesia yang jam operasionalnya dikurangi.

“Kebijakan ini telah mendapat persetujuan dari regulator dengan diterbitkannya Notice to Airmen terkait jam operasional bagi masing-masing bandara. Ini sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19,” ujarnya pada Minggu (12/4/2020).

Fahroji mengatakan meski jam operasional dipersingkat, bandara tersebut tetap siaga untuk mengantisipasi sejumlah penerbangan dalam kondisi khusus. 

“Kami tetap siaga apabila ada pesawat yang mengalami kendala teknis dan operasional dan memerlukan bandara untuk mendarat,” tuturnya.

Dia menambahkan kesiagaan pihaknya juga diperlukan jika ada penerbangan terkait dengan medis dan penerbangan logistik khususnya yang mengangkut sampel infectious substances COVID-19.

Selain itu, lanjutnya, bandara juga tetap dibuka jika ada pesawat yang terpaksa mendarat di luar jam operasional, misalnya keterlambatan lepas landas di bandara keberangkatan.

Dia mengutarakan pengurangan jam operasional dapat menjaga aspek kesehatan penumpang dan personel bandara.

Pada masa penuh tantangan akibat mewabahnya COVID-19, menurut dia, yang paling utama adalah kesehatan dan keselamatan pelaku perjalanan dan petugas bandara. 

“Kami sudah melakukan penyesuaian pola operasional dan penyesuian jam operasional, sehingga memungkinkan diterapkannya konsep work from home dan physical distancing bagi personel operasional di bandara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top