Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Satu Pasien Positif Corona di Riau Sembuh Total, 2 Orang masih Dirawat

Pemerintah Provinsi Riau mencatat sudah ada 3 orang yang positif terkena virus corona (Covid-19) per Senin (30/3/2020). Adapun, seorang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  14:13 WIB
ilustrasi: Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman berdialog dengan siswa saat Kunjungi SMPN Plus Pasir Pangaraian Kab Rohul (5/2/2020) -  Pemprov Riau\n
ilustrasi: Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman berdialog dengan siswa saat Kunjungi SMPN Plus Pasir Pangaraian Kab Rohul (5/2/2020) - Pemprov Riau\\n

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mencatat sudah ada 3 orang yang positif terkena Virus Corona (Covid-19) per Senin (30/3/2020). Adapun, seorang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa penyebaran Covid-19 harus selalu diwaspadai. Terlebih lagi di Riau saat ini kedatangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru dipulangkan dari Malaysia.

“Di Riau sudah 3 positif Corona, Alhamdulillah sudah sembuh 1 orang dan beliau sudah kembali kerumahnya. Tapi kita harus antisipasi, masih ada 10.000 Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Riau yang terdiri dari TKI baru pulang dari Malaysia dan ada warga Riau habis pulang dari zona merah,” kata Syamsuar, Selasa (31/3/2020).

Kendati jumlah ODP di Riau meningkat, Syamsuar menegaskan kepada masyarakat untuk tidak panik karena penyebaran Covid-19 tidak melalui udara seperti yang diyakini warga Riau selama ini. Namun, masyarakat tetap disarankan untuk mengurangi aktivitas keramaian dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ada di antara masyarakat yang membuat kebijakan sendiri menganggap pasien yang positif di lingkungan rumahnya itu bisa menular virus ini. Hal ini tolong diluruskan karena tidak ada penularan Covid 19 melalui udara," jelas Syamsuar.

Selain itu, bagi masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas, dan bersin dianjurkan untuk memeriksakan diri dan tidak menganggap remeh indikasi Covid-19 tersebut.

Saat ini, Syamsuar melanjutkan, pemerintah sedang menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan RI untuk dapat mengoperasikan Laboratorium Kesehatan Prov. Riau di RSUD Arifin Achmad untuk pemeriksaan Covid-19. 

“Menunggu hasil labor dari Jakarta kan lama, makanya sudah kita persiapkan. Tapi masih menunggu persetujuan Menteri Kesehatan," imbuh Syamsuar.

Pemerintah pun telah menyemprotkan disinfektan di jalan-jalan utama dan ruang publik di seluruh Provinsi Riau untuk menjaga kebersihan tempat-tempat umum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top