Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumsel Minta Kabupaten/Kota Buat ODP Center

Pemprov Sumatra Selatan meminta pemerintah kabupaten/kota membuat pusat penangananan orang dalam pengawasan atau ODP Center untuk memdahkan koordinasi di daerah.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  20:10 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan meminta pemerintah kabupaten/kota membuat pusat penangananan orang dalam pengawasan atau ODP Center untuk memdahkan koordinasi di daerah.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan langkah tersebut untuk penanganan wabah COVID-19 yang telah menyebar secara masif.

“Saya instruksikan kabupaten/kota membuat ODP Center masing-masing dan akan saya cek langsung baik melalui digital atau bila memungkinkan saya akan datang mengecek lokasinya,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Jika pun sudah membuat ODP Center namun belum siap operasi, lanjutnya, pemkab atau pemkot bisa merujuk ODP tersebut ke ODP Center Jakabaring.

“Sementara menunggu kesiapan, pemkab atau pemkot bisa mengirim ODP-nya kesini. Karena ini ODP Center Sumsel sekaligus untuk masyarakat Palembang,” katanya.

Namun demikian, bukan tidak mungkin ODP Center Jakabaring juga digunakan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) jika terjadi lonjakan di rumah sakit.

“Kita persiapkan ruangan untuk PDP secara bertahap sesuai kebutuhan. Itu jika PDP membludak,” ujarnya.

Sebab, sambungnya, penanganan ODP dan PDP COVID-19 juga berbeda dan tentu harus diperiapkan dengan matang.

"Untuk PDP, jelas harus ada alat kesehatannya. Ruang yang dibutuhkan juga harus sesuai standar," bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum ODP Center Mawardi Yahya menambahkan, sejak awal Pemprov Sumsel telah melakuan persiapan tempat bagi para ODP dan ODP di Sumsel.

“Kita lengkapi ruang untuk PDP secara perlahan dan disesuaikan. Itu kalau terjadi lonjakan PDP. Kita terus pantau perkembangannya,” katanya.

Diketahui, ODP Center yang berada di Wisma Atlet Komplek Jakabaring Sport City Palembang saat ini sudah siap untuk digunakan. 

Termasuk kesiapan soal fasilitas, tenaga medis hingga tenaga lainnya yang dilibatkan dalam upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus atau COVID-19 di Sumsel.

“Semuanya sudah lengkap. Unsur yang terlibat juga sudah siap. Senin besok ODP Center sudah beroperasi,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top