Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Minta Kabupaten/Kota Buat ODP Center

Pemprov Sumatra Selatan meminta pemerintah kabupaten/kota membuat pusat penangananan orang dalam pengawasan atau ODP Center untuk memdahkan koordinasi di daerah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan meminta pemerintah kabupaten/kota membuat pusat penangananan orang dalam pengawasan atau ODP Center untuk memdahkan koordinasi di daerah.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan langkah tersebut untuk penanganan wabah COVID-19 yang telah menyebar secara masif.

“Saya instruksikan kabupaten/kota membuat ODP Center masing-masing dan akan saya cek langsung baik melalui digital atau bila memungkinkan saya akan datang mengecek lokasinya,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Jika pun sudah membuat ODP Center namun belum siap operasi, lanjutnya, pemkab atau pemkot bisa merujuk ODP tersebut ke ODP Center Jakabaring.

“Sementara menunggu kesiapan, pemkab atau pemkot bisa mengirim ODP-nya kesini. Karena ini ODP Center Sumsel sekaligus untuk masyarakat Palembang,” katanya.

Namun demikian, bukan tidak mungkin ODP Center Jakabaring juga digunakan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) jika terjadi lonjakan di rumah sakit.

“Kita persiapkan ruangan untuk PDP secara bertahap sesuai kebutuhan. Itu jika PDP membludak,” ujarnya.

Sebab, sambungnya, penanganan ODP dan PDP COVID-19 juga berbeda dan tentu harus diperiapkan dengan matang.

"Untuk PDP, jelas harus ada alat kesehatannya. Ruang yang dibutuhkan juga harus sesuai standar," bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum ODP Center Mawardi Yahya menambahkan, sejak awal Pemprov Sumsel telah melakuan persiapan tempat bagi para ODP dan ODP di Sumsel.

“Kita lengkapi ruang untuk PDP secara perlahan dan disesuaikan. Itu kalau terjadi lonjakan PDP. Kita terus pantau perkembangannya,” katanya.

Diketahui, ODP Center yang berada di Wisma Atlet Komplek Jakabaring Sport City Palembang saat ini sudah siap untuk digunakan. 

Termasuk kesiapan soal fasilitas, tenaga medis hingga tenaga lainnya yang dilibatkan dalam upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus atau COVID-19 di Sumsel.

“Semuanya sudah lengkap. Unsur yang terlibat juga sudah siap. Senin besok ODP Center sudah beroperasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper