Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumsel Pangkas Habis Biaya Dinas Luar Negeri

Pemprov Sumatra Selatan memangkas habis biaya perjalanan dinas ke luar negeri dari APBN 2020 karena direalokasikan untuk penanganan pandemi corona di daerah tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  15:10 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru - Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan memangkas habis biaya perjalanan dinas ke luar negeri dari APBN 2020 karena direalokasikan untuk penanganan pandemi corona di daerah tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya sudah menekan efisiensi belanja perjalanan dinas untuk realokasi anggaran sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Anggaran ini [untuk COVID-19] berkembang terus, kalau memang dari perjalanan dinas bisa diefisiensi lagi. Yang pasti untuk dinas luar negeri sudah 0 persen, sementara dinas dalam negeri telah berkurang 50 persen,” katanya, Jumat (27/3/2020).

Dari re-focusing dan realokasi anggaran tersebut, kata Deru, pemprov sudah mengantongi bujet senilai Rp100 miliar. 

“Ini yang akan kami gelontorkan segera. Jumlah ini baru di awal, bisa saja bertambah,” katanya.

Oleh karena itu, Deru mengemukakan, pihaknya meminta satuan administrasi, organisasi perangkat daerah (OPD) dan gugus tugas penanganan COVID-19 di Sumsel untuk mengajukan kebutuhan kepada pemprov.

Gubernur berharap dari realokasi anggaran tersebut juga dapat menjadi insentif bagi dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang menangani virus corona.

“Kebutuhannya apa karena uang sudah tersedia, kita akan alirkan sesuai dengan sistem yang sudah dibuat oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Daerah), utamanya untuk insentif tenaga medis,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top