Tangani Virus Corona, Gubsu Edy Rahmayadi Tambah Rumah Sakit

Untuk menangani pasien virus corona, pemerintah daerah Sumatra Utara terus menambah jumlah rumah sakit yang disiapkan untuk menangani kasus terkait Covid-19.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  12:26 WIB
Tangani Virus Corona, Gubsu Edy Rahmayadi Tambah Rumah Sakit
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menambah rumah sakit rujukan pasien virus corona (Covid-19). - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara telah memiliki tujuh rumah sakit yang disiapkan untuk menangani kasus terkait virus corona (Covid-19).

Lima rumah sakit yang telah bisa menangani pasien virus corona (Covid-10) adalah RSUP H. Adam Malik, RSUD Kabanjahe, RSUD Dr. Djasamen Saragih, RSUD Tarutung, dan RSUD Kota Padang Sidimpuan.

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengatakan Pemprov telah menyiapkan RS GL Tobing di Tanjung Morawa, Deliserdang, sebagai tempat evakuasi utama kasus Covid-19. Sementara itu, RS Sari Mutiara di Medan sebagai evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat.

RS GL Tobing merupakan rumah sakit milik BUMN, PT Perkebunan Nusantara II. Sementara itu, RS Sari Mutiara merupakan rumah sakit swasta.

"Beberapa tim Satgas akan bertugas di sini. Segala kelengkapan akan dibantu dari rumah sakit lainnya, baik berupa tempat tidur, tenda, dan lainnya," katanya usai melakukan peninjauan di dua rumah sakit itu, dalam keterangan resmi pada Rabu (18/3/2020).  

Edy mengimbau seluruh rumah sakit di Sumatra Utara tidak menolak laporan dari masyarakat yang merasakan gejala Covid-19. Jika rumah sakit tidak dapat menampung, maka dapat mengarahkan dan melaporkan ke rumah sakit yang menjadi tempat evakuasi utama maupun cadangan.

"Mulai hari ini evakuasi utama dan cadangan sudah dipersiapkan dan mulai bertugas," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumut, Virus Corona, edy rahmayadi

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top