Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI Riau dan Polda Riau Tandatangani Pedoman Kerja

Decymus, Kepala Perwakilan BI Riau, menyampaikan penandatanganan pedoman kerja itu merupakan tindak lanjut kerja sama antara BI dengan Kepolisian Negara RI.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  12:22 WIB
Karyawan melintas didekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan melintas didekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, PEKANBARU—Bank Indonesia Perwakilan Riau bersama Kepolisian Daerah Riau menandatangani Pedoman Kerja tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama dalam rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan Bank Indonesia dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Decymus, Kepala Perwakilan BI Riau, menyampaikan penandatanganan pedoman kerja itu merupakan tindak lanjut kerja sama antara BI dengan Kepolisian Negara RI.

“Sesuai dengan Nota Kesepahaman antara Gubernur Bank Indonesia dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.21/7/NK/GBI/2019 dan No.B/105/VIII/2019 tanggal 30 Agustus 2019 tentang Kerjasama dalam rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan Bank Indonesia dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” katanya melalui siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (27/2/2020).

Adapun Nota Kesepahaman itu diturunkan ke tingkat daerah dalam bentuk empat pedoman kerja.

Pertama, tata cara pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap Badan Usaha Jasa Pengamanan yang melakukan kegiatan usaha kawal angkut uang dan pengelolaan uang rupiah.

Kedua, pelaksanaan dan penanganan tindak pidana terkait sistem pembayaran dan kegiatan usaha penukaran valuta asing bukan bank (KUPVA BB).

Ketiga, tata cara pelaksanaan penanganan dugaan tindak pidana terhadap uang rupiah, tindak pidana dan/atau pelanggaran terhadap kewajiban penggunaan uang rupiah di wilayah negara kesatuan RI.

Keempat, pelaksanaan pengamanan BI dan pengawalan barang berharga milik negara.

Secara umu, lanjut Decymus, ruang lingkup kerjasama dan koordinasi antara BI dan Polda Riau mencakup tukar menukar data dan informasi, pengamanan dan pengawalan, pengawasan, penegakan hukum, serta peningkatan kapasitas SDM.

Adapun, pedoman kerja ini berlaku sesuai dengan jangka waktu Nota Kesepahaman antara Gubernur BI dan Kapolri pada 30 Agustus 2024.

 

Dalam acara penandatanganan itu, diselenggarakan pula diskusi panel antara BI Riau, OJK Riau, dan Polda Riau terkait Ketentuan Anti Pencucian Uang 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top