Awal Tahun, Satu Perusahaan Sekuritas Akan Beroperasi di Medan

Dengan demikian, jumlah perusahaan sekuritas yang membuka cabang dan beroperasi di Sumatra Utara bertambah menjadi 27 perusahaan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 19 Februari 2020  |  19:26 WIB
Awal Tahun, Satu Perusahaan Sekuritas Akan Beroperasi di Medan
Bursa Efek Indonesia (IDX). - Dimas Ardian /Bloomberg

Bisnis.com, MEDAN – Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatra Utara menyampaikan ada satu perusahaan sekuritas yang akan membuka kantor cabang dan beroperasi di Kota Medan pada awal tahun ini.

Kepala Perwakilan BEI Sumut Muhammad Pintor Nasution menyebutkan perusahaan sekuritas itu yakni PT Maybank Kim Eng Securities yang akan beroperasi pada Maret 2020.

Dengan demikian, jumlah perusahaan sekuritas yang membuka cabang dan beroperasi di Sumatra Utara bertambah menjadi 27 perusahaan.

“Tahun ini akan masuk perusahaan sekuritas di Medan. Maybank Kim Eng Securities akan masuk di Maret,” katanya pada Selasa (18/2/2020).

Menurutnya, bertambahnya perusahaan sekuritas yang beroperasi di Sumut seiring dengan potensi pertumbuhan investor saham yang masih besar.

Jumlah investor saham di Sumatra Utara mencapai 50.023 single investor identification (SID) pada 2019, tumbuh 37,83% dibandingkan dengan jumlah investor saham pada 2018 sebesar 37.832 SID.

Dari jumlah tersebut, sekitar 61% atau sebesar 30.616 SID berasal dari Kota Medan. Posisi berikutnya ditempati Deli Serdang sebanyak 4.354 SID, Pematang Siantar 1.876 SID.

Selanjutnya, Binjai 1.254 SID, Tebingtinggi 1.187 SID, dan Simalungun 1.096 SID. Adapun, beberapa kabupaten/kota lainnya berkontribusi kurang dari 2% dari jumlah investor di Sumut.

“Ada gap [jumlah investor] antara Medan dengan daerah lainnya. Dengan jumlah sekuritas yang bertambah, maka edukasi bakal lebih luas,” katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sekuritas, kim eng securities

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top