Penyelenggaraan Festival Danau Toba Diusulkan Juli 2020

Festival Danau Toba yang telah dimulai sejak 1980, kini keberhasilan dan kualitas acaranya tengah dievaluasi oleh pemerintah.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 09 Februari 2020  |  12:50 WIB
Penyelenggaraan Festival Danau Toba Diusulkan Juli 2020
Danau Toba dilihat dari Bukit Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. JIBI - Nancy JUnita

Bisnis.com, MEDAN -- Pemerintah Provinsi Sumatra Utara terus melakukan diskusi dengan sejumlah pihak, terkait pelaksanaan Festival Danau Toba 2020.

Terbaru, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu mengusulkan Festival Danau Toba (FDT) diselenggarakan pada pertengahan tahun ini.

Usulan ini mempertimbangkan momentum libur sekolah sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan. Meski demikian, usulan ini harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

Seperti dikutip dari laman resminya pada Minggu (9/2/2020), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara Ria Nofida Telaumbanua mengusulkan penyelenggaraan Festival Danau Toba pada Juli 2020. Namun, usulan tersebut masih bertepuk sebelah tangan.

"Kami akan melibatkan kaum milenial dan selebgram untuk mempromosikan Danau Toba serta menyukseskan event FDT selanjutnya," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Provsu.

Ketua Komisi B Viktor Silaen meminta Pemprov melibatkan seluruh stakeholder di Sumatra Utara dalam penyelenggaraan ini. Di samping itu, Pemprov harus mengkaji waktu pelaksanaan kegiatan FDT agar optimal mendorong sektor pariwisata daerah.

"Event FDT harus dipersiapkan jauh hari sebelumnya dan benar-benar dikaji kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan event ini," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Sumut tengah melakukan evaluasi terhadap agenda unggulan pariwisata itu agar menarik lebih banyak wisatawan. Evaluasi mencakup mekanisme, penetapan waktu dan lokasi penyelenggaraan, serta konten gelaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumut

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top