Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Kejar Perluasan Pangkalan Elpiji di Sumut

PT Pertamina (Persero) menargetkan program satu desa satu pangkalan di Sumatra Utara dapat terealisasi penuh pada 2020.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  15:10 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, MEDAN - PT Pertamina (Persero) menargetkan program satu desa satu pangkalan di Sumatra Utara dapat terealisasi penuh pada 2020.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I Roby Hervindo menyampaikan sejak dimulai awal tahun 2019, saat ini program satu desa satu pangkalan terealisasi sekitar hampir 70% untuk wilayah Sumatra Utara.

Kondisi geografis yang menantang menjadi kendala utama dalam perluasan pangkalan hingga tingkat desa.

Adapun perluasan pangkalan di tingkat kabupaten/kota telah mencapai 100%, sedangkan di tingkat kecamatan sekitar 99%.

"Kami masih kejar terus untuk perluasan titik pangkalan di tingkat kelurahan. Kami targetkan tahun ini bisa sepenuhnya, setidaknya untuk daerah yang secara geografis tidak terlalu menyulitkan," katanya, Selasa (4/2/2020).

Perseroan bakal menggenjot perluasan titik pangkalan hingga tingkat desa di sejumlah kabupaten/kota pada tahun ini, seperti Kabupaten Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, dan Nias. Terutama untuk Kabupaten Nias, perluasan pangkalan di tingkat desa baru terealisasi sekitar 25%.

Guna mengejar realisasi program ini, perseroan terus berkoordinasi dengan badan usaha milik desa (BUMDes) dan pemerintah daerah.

Hingga Januari 2020, realisasi penyaluran elpiji subsidi di Sumut mencapai sekitar 7 juta tabung. Realisasi ini naik 6% dibandingkan dengan penyaluran pada periode yang sama tahun lalu sekitar 6,5-6,6 juta tabung.

Adapun sepanjang 2019 realisasi penyaluran elpiji di Sumatra Utara sekitar 370.000 metrik ton atau kelebihan 1,5% dari kuota sekitar 364.000 metrik ton.

Sebagai informasi, program satu desa satu pangkalan bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat mendapatkan elpiji 3 kg dengan harga standar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top