Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aceh Genjot Pengadaan Benih Padi

Distanbun Provinsi Aceh akan mempercepat pengadaan benih padi tahun 2020 yakni pada Februari mendatang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Januari 2020  |  14:37 WIB
Ilustrasi petani memanen padi. - Bisnis/Rachman
Ilustrasi petani memanen padi. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDA ACEH – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Aceh akan mempercepat pengadaan benih padi tahun 2020 yakni pada Februari mendatang.

"Pada 2020 ini kita upayakan pengadaan benih padi bisa cepat, dimungkinkan Februari. Ada beberapa kabupaten yang minta Februari," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Distanbun Aceh Safrizal.

Dia menyebutkan pada tahun ini Pemerintah Aceh menyediakan benih padi untuk 10.000 hektare lahan pertanian masyarakat, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA).

"Jadi, nanti kita distribusikan ke kabupaten yang sudah mengusulkan CPCL (calon letani dan calon lahan) dan kabupaten yang siap tanam," katanya.

Dia mengatakan tercatat lahan pertanian di provinsi paling barat Indonesia ini sekitar 290.000 hektare, tetapi pemerintah hanya dapat menyediakan benih padi untuk 10.000 hektare lahan.

Menurut dia, benih padi tersebut akan didistribusikan ke daerah berdasarkan usulan dari kabupaten/kota itu, karena mereka yang tahu jadwal musim tanam petaninya.

Kini, tambahnya, Distanbun Aceh tengah mendata kabupaten/kota yang telah mengusulkan benih padi tersebut, yang kemudian akan disalurkan sesuai kuantitas yang dibutuhkan masing-masing daerah.

"Memang kita bantu (benih padi) hanya beberapa persen saja (dari 290.000 hektare lahan), jadi sebagian (benih padi) dibantu kabupaten, dibantu pemerintah pusat, atau swadaya masyarakat," kata Safrizal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh padi

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top