Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mukomuko Bengkulu Kembangkan Kambing Jawa Randu

Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membagikan 20 ekor kambing jenis jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah itu.
Ilustrasi kambing-kambing di sebuah pasar hewan./Antara-Yusuf Nugroho
Ilustrasi kambing-kambing di sebuah pasar hewan./Antara-Yusuf Nugroho

Bisnis.com, MUKOMUKO – Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membagikan 20 ekor kambing jenis jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah itu.

“Sekarang ini puluhan kambing jawa randu untuk petani di daerah ini masih dikarantina, setelah ini diserahterimakan kepada kelompok tani,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat (13/12/2019).

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp62 juta dalam APBD perubahan untuk membeli 20 ekor kambing jenis jawa randu untuk dua kelompok tani di Kecamatan V Koto.

Pemerintah setempat menggunakan pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pembelian 20 ekor kambing untuk petani di daerah itu.

Warsiman mengatakan instansinya memerlukan waktu sepekan untuk mengkarantina sebanyak kambing-kambing jawa randu, setelah itu diserahkan kepada kelompok tani.

“Tidak lama lagi penyerahan kambing ini. Paling penyerahan puluhan ekor kambing jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah ini pada minggu depan,” ujarnya.

Dia mengatakan dua kelompok tani ini akan menerima bantuan kambing Jawa randu ini masing-masing sebanyak 10 ekor yang terdiri dari sembilan ekor kambing betina dan satu ekor kambing jantan.

Menurut dia, pemerintah setempat membeli 20 ekor kambing untuk petani setempat guna meningkatkan populasi hewan ternak ini dan mendukung persediaan daging kambing di daerah itu.

Berdasarkan data statistik peternakan dan sudah diverifikasi dan validasi oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) daerah itu, ia mengemukakan, jumlah populasi kambing pada 2018 mencapai 17.742 ekor.

“Kami menggunakan data BPS untuk menghitung jumlah populasi kambing di daerah ini dan data populasi dari BPS ini merupakan data populasi kambing pada 2018,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper