Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mukomuko Bengkulu Kembangkan Kambing Jawa Randu

Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membagikan 20 ekor kambing jenis jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Desember 2019  |  13:02 WIB
Ilustrasi kambing-kambing di sebuah pasar hewan. - Antara/Yusuf Nugroho
Ilustrasi kambing-kambing di sebuah pasar hewan. - Antara/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, MUKOMUKO – Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membagikan 20 ekor kambing jenis jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah itu.

“Sekarang ini puluhan kambing jawa randu untuk petani di daerah ini masih dikarantina, setelah ini diserahterimakan kepada kelompok tani,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat (13/12/2019).

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp62 juta dalam APBD perubahan untuk membeli 20 ekor kambing jenis jawa randu untuk dua kelompok tani di Kecamatan V Koto.

Pemerintah setempat menggunakan pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pembelian 20 ekor kambing untuk petani di daerah itu.

Warsiman mengatakan instansinya memerlukan waktu sepekan untuk mengkarantina sebanyak kambing-kambing jawa randu, setelah itu diserahkan kepada kelompok tani.

“Tidak lama lagi penyerahan kambing ini. Paling penyerahan puluhan ekor kambing jawa randu kepada dua kelompok tani di daerah ini pada minggu depan,” ujarnya.

Dia mengatakan dua kelompok tani ini akan menerima bantuan kambing Jawa randu ini masing-masing sebanyak 10 ekor yang terdiri dari sembilan ekor kambing betina dan satu ekor kambing jantan.

Menurut dia, pemerintah setempat membeli 20 ekor kambing untuk petani setempat guna meningkatkan populasi hewan ternak ini dan mendukung persediaan daging kambing di daerah itu.

Berdasarkan data statistik peternakan dan sudah diverifikasi dan validasi oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) daerah itu, ia mengemukakan, jumlah populasi kambing pada 2018 mencapai 17.742 ekor.

“Kami menggunakan data BPS untuk menghitung jumlah populasi kambing di daerah ini dan data populasi dari BPS ini merupakan data populasi kambing pada 2018,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bengkulu kambing

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top