Fit and Proper Test Direksi Bank Riau Kepri Tuntas Digelar

Panitia seleksi direksi Bank Riau Kepri telah menuntaskan proses fit and proper test, atau uji kepatutan dan kelayakan kepada para calon direksi, yaitu direktur utama, direktur dana dan jasa, serta direktur operasional.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 Desember 2019  |  15:45 WIB
Fit and Proper Test Direksi Bank Riau Kepri Tuntas Digelar
Ban Riau Kepri - Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU – Panitia seleksi direksi Bank Riau Kepri telah menuntaskan proses fit and proper test, atau uji kepatutan dan kelayakan kepada para calon direksi, yaitu direktur utama, direktur dana dan jasa, serta direktur operasional.

Ketua Pansel Bank Riau Kepri, Ahmadsyah Harrofie menjelaskan saat ini hasil fit and proper test sudah diserahkan kepada Komite Remunerasi dan Nominasi (KRN).

“Fit and proper test untuk direksi sudah kami tuntaskan, hasilnya kami teruskan kepada KRN Bank Riau Kepri, untuk ketiga jabatan direksi,” ujarnya Rabu (4/12/2019).

Menurutnya, setelah penyerahan hasil uji tersebut, KRN Bank Riau Kepri akan melibatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum hasil tersebut dibawa kedalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Diperkirakan hasil komunikasi antara KRN dan OJK untuk membahas hasil uji oleh pansel, akan keluar paling lambat pada 15 Desember 2019 mendatang.

Setelah itu, pemegang saham sudah bisa mengagendakan RUPS guna mengesahkan para calon yang lolos sebagai direksi bank daerah dua provinsi tersebut.

Tahapan selanjutnya, usai dibahas dalam RUPS dengan diikuti oleh seluruh pemegang saham, akan ada dua atau tiga nama calon direksi yang akan diajukan ke OJK untuk mengikuti fit and proper test di lembaga pengawas industri jasa keuangan itu.

“Tapi itu sudah kewenangan dari pemegang saham Bank Riau Kepri, bukan di pansel lagi,” ujarnya.

Adapun proses seleksi pimpinan Bank Riau Kepri sudah dimulai sejak Juli 2019 lalu, setelah Pemprov Riau membentuk panitia seleksi independen.

Keputusan ini diambil pemprov sebagai pemegang saham mayoritas, karena posisi direksi yang sudah lowong karena habisnya masa jabatan sejak Februari 2019 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perbankan, riau, bank riau kepri

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top