Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Partai Politik Mulai Cairkan Dana Pemilu di Aceh Barat

Sebanyak 18 partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 kini mulai mencairkan dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 November 2019  |  01:11 WIB
Suasana di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019. - Bisnis/Wahyu Darmawan
Suasana di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019. - Bisnis/Wahyu Darmawan

Bisnis.com, MEULABOH - Sebanyak 18 partai politik peserta pemilihan umum tahun 2019 kini mulai mencairkan dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat senilai Rp600 juta lebih yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2019.

"Pencairan dana ini merupakan bagian dari pembinaan partai politik dari pemerintah daerah," kata Asisten I Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Mirsal di Meulaboh, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, masing-masing partai politik di daerah ini mendapatkan bantuan bervariasi antara belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah, sesuai dengan perolehan suara yang berhasil diraih pada Pemilu 2019 yang berlangsung pada April lalu.

Perhitungan besar kecilnya dana bantuan pembinaan terhadap partai politik tersebut, yakni per suara dihitung sebesar Rp6 ribuan dikalikan dengan jumlah suara.

"Kalau partai politiknya meraih suara terbanyak, maka jumlah bantuan yang akan diterima juga banyak. Begitu juga sebaliknya," kata Mirsal menambahkan.

Dana tersebut diperuntukkan untuk melakukan pelatihan, pembinaan kader partai serta kebutuhan partai politik sehingga diharapkan seluruh partai politik yang ada di daerah ini dapat menjalankan tugas pokoknya sesuai dengan aturan dan anggaran dasar/rumah tangga masing-masing partai.

"Dana ini disalurkan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dan dana ini sah diberikan sebagai bentuk pembinaan," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2019

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top