Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Dua Daerah di Sumsel Revisi Perda RTRW

Pemprov Sumatra Selatan mencatat terdapat 2 kabupaten dari 17 kabupaten/kota di provinsi itu yang telah merevisi peraturan daerah terkait rencana tata ruang wilayah atau RTRW.
Pemprov Sumatra Selatan bersama pemerintah pusat dan ZSL Indonesia memberikan pemaparan terkait penataan ruang di Sumsel. Bisnis/Dinda Wulandari
Pemprov Sumatra Selatan bersama pemerintah pusat dan ZSL Indonesia memberikan pemaparan terkait penataan ruang di Sumsel. Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan mencatat terdapat 2 kabupaten dari 17 kabupaten/kota di provinsi itu yang telah merevisi peraturan daerah terkait rencana tata ruang wilayah atau RTRW.

Diketahui, mayoritas Perda RTRW yang diterbitkan oleh pemerintah kabupaten/kota di Sumsel telah berusia lebih dari 5 tahun sehingga sudah memungkinkan untuk ditinjau kembali dan direvisi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR), Darma Budhy, mengatakan 2 kabupaten yang telah merevisi regulasi RTRW, yakni Muara Enim dan Banyuasin.

“Semua wilayah [kabupaten/kota] telah memiliki Perda RTRW, termasuk daerah otonom baru, yakni Kabupaten Penukal Alab Lematang Ilir (PALI) dan Musi Rawas Utara (Muratara). Hanya saja, baru 2 kabupaten yang merevisi RTRW,” katanya di sela rapat koordinasi penataan ruang daerah, Selasa (26/11/2019).

Dia menjelaskan 13 kabupaten/kota lainnya masih menggunakan Perda RTRW yang diterbitkan sekitar tahun 2012—2013. Saat ini, kata dia, perda-perda tersebut sudah berstatus peninjauan kembali.

Menurut Budhy, penataan ruang merupakan faktor utama untuk mendukung pembangunan daerah yang terintegrasi.

Bahkan, selain RTRW, pemerintah daerah sudah diamanatkan oleh pusat untuk menyusun rencana rinci tata ruang di daerah masing-masing.

“Namun demikian hingga kini belum ada kabupaten/kota di Sumsel yang menetapkan rencana rinci tata ruang kawasan strategis kabupaten/kota,” katanya.

Kondisi tersebut, kata dia, membuat pemda di Sumsel belum dinilai optimal dalam menata ruang dan wilayah dibanding 66 kabupaten/kota yang sudah dinilai baik.

Dia mengatakan salah satu penyebab terhambatnya penataan ruang di daerah lantaran masih adanya alih fungsi lahan.

“Alih fungsi lahan itu belum sesuai tata ruang dan minim dalam pengawasan ataupun penertiban. Belum lagi, ketersediaan SDM di pemerintahan masih kurang sehingga turut menghambat pengendalian pemanfaatan ruang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUBM-TR Sumsel, Novian Aswaradani, menambahkan sebetulnya Pemprov telah mengembangkan sistem informasi penataan ruang (Sitarung) untuk mengoptimalkan penataan ruang.

“Sistem tersebut telah dikembangkan sejak 2017. Dengan sistem tersebut kami bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat terkait penggunaan lahan saat ini,” katanya.

Dia menambahkan Sitarung memuat aneka informasi terkait penataan ruang dengan tampilan peta, mulai dari status jalan, alur pelayaran, rencana jalan tol, hingga peruntukan kawasan.

“Saat ini terdapat 4 peta kabupaten/kota yang telah kami unggah di Sitarung dan akan menyusul daerah lainnya,” katanya.

Novian melanjutkan pihaknya bekerja sama dengan lembaga nonprofit asal London, Zoological Society of London (ZSL), dalam membangun sistem informasi tersebut.

Damayanti Buchori, Direktur Proyek Kelola Sendang-ZSL Indonesia, mengatakan penataan ruang seringkali terlihat rumit.

“Tata ruang dilihat masih ruwet. Sehingga kami ingin mendukung pemda dalam mengembangkan model informasi penataan ruang yang transparan dan bisa dilihat siapa saja,” katanya.

Terlebih, kata dia, informasi penataan ruang dapat mendukung pembangunan Sumsel dengan konsep berkelanjutan.

“Agar penataan ruang berkualitas dan memerhatikan lingkungan. Upaya ini juga diharapkan mampu mendukung kebijakan satu peta di Sumsel,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper