Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aceh Tamiang Pacu Pencetakan Areal Sawah Baru

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, mengklaim program cetak areal sawah baru seluas 290 hektare bakal terealisasi hingga akhir tahun ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 November 2019  |  12:46 WIB
Seorang petani melaksanakan salah di tengah sawah. - Antara/Irwansyah Putra
Seorang petani melaksanakan salah di tengah sawah. - Antara/Irwansyah Putra

Bisnis.com, KUALASIMPANG – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, melalui Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan (Distanbunnak) mengklaim program cetak areal sawah baru seluas 290 hektare bakal terealisasi hingga akhir tahun ini.

"[Program cetak sawah baru] sudah hampir selesai. Berjalan, dan sudah hampir selesai 290 hektare," ucap Kepala Distanbunnak Aceh Tamiang, Yunus.

Dia menjelaskan program cetak sawah baru tersebut berada pada tiga kecamatan dari total 12 kecamatan, yakni Karang Baru, Bendahara, dan Tenggulun.

Selama ini, lanjutnya, tiga kecamatan ini ditanami dengan beberapa tanaman keras yang sebagian di antaranya dijadikan perkebunan sawit, walau hasil tandan buah segar kelapa sawit tidak maksimal.

Dia mengaku program itu merupakan inovasi pihaknya dalam meningkatkan produksi gabah kering yang hasilnya akhir-akhir ini tidak memadai akibat rendahnya produksi tanaman pangan jenis padi.

"Areal lahan cetak sawah baru yang ditanami oleh kelapa sawit, telah kita ratakan. Kita kembalikan fungsi semula, seperti beberapa di Tenggulun dari total luas ditargetkan 800 hektare," tegasnya.

"Ini, sekaligus menyahuti program ketahanan pangan nasional melalui Pemerintah Aceh dengan menggandeng TNI dipelaksanaannya, dan leading sector-nya ya kita," kata Yunus.

Kementerian Pertanian pada tahun ini telah menargetkan dapat mencetak sawah seluas 6.000 hektare pada 2019.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan program cetak sawah baru dimulai April 2019 dengan target pencetakan lahan di luar Jawa melibatkan TNI.

"Alokasi cetak sawah 2019, sesuai survei, investigasi, dan desain (SID) seluas 6.000 hektare pada 2019 bekerja sama dengan TNI,” tuturnya.

Dia menjelaskan lokasi pelaksanaan sawah tersebut di antaranya Aceh 500 hektare, Lampung 600 ha, Kalimantan Utara 300 ha, Kalimantan Tengah 300 ha, Sulawesi Selatan 1.250 ha, Sulawesi Tengah 1.300 ha, Sulawesi Utara 750 ha, dan Papua 1.000 ha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh sawah

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top