Replanting Kebun Plasma Bantu Sejahterakan Petani

Program replanting atau penanaman ulang tanaman kelapa sawit yang digagas pemerintah sangat membantu para petani plasma dalam berbagai hal, termasuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka di masa depan.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Program replanting atau penanaman ulang tanaman kelapa sawit yang digagas pemerintah sangat membantu para petani plasma dalam berbagai hal, termasuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka di masa depan.

Salah satu kelompok tani sawit yang mendapatkan bantuan program replanting dari pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yaitu KUD Makmur Lestari, di Desa Kenantan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

KUD ini merupakan binaan dari PT Ramajaya Pramukti dari grup usaha Sinar Mas Agribusiness and Food.

Ketua KUD Makmur Lestari Sudirman mengatakan program replanting sangat membantu para petani, yang memiliki kebun kelapa sawit dengan usia tanaman di atas 25 tahun.

"Manfaat replanting jelas ada banyak sekali, pertama petani mendapatkan dana Rp 50 juta untuk membantu replanting kebun sawit seluas dua hektare," ujarnya baru-baru ini.

Saat ini program replanting di KUD Makmur Lestari masuk dalam tahap pertama untuk lahan kebun seluas 322 hektare yang dimiliki oleh 145 petani anggota.

Anggaran hibah yang diterima petani dari BPDP-KS mencapai lebih dari Rp 8 miliar.

Setelah mendapatkan dukungan tersebut, sebagai pemilik kebun plasma, teknis dan pekerjaan penanaman ulang sepenuhnya dilakukan oleh perusahaan mitra, mulai dari pembersihan lahan, penyiapan bibit, hingga proses menanam dan merawat kebun yang ditanam ulang.

Kondisi itu memberikan kelapangan waktu kepada petani, untuk dapat mengerjakan hal lain seperti mengelola ternak dan sebagainya.

Meski demikian, bagi petani pemilik kavling atau keluarganya yang tetap mau bekerja di perkebunan kelapa sawit, akan mendapatkan prioritas bekerja sesuai dengan kebutuhan dan peryaratan ketenagakerjaan yang ada, sehingga para petani bisa mendapatkan penerimaan tambahan setiap bulannya.

 

"Pada prinsipnya program replanting ini tidak ada paksaan, siapa yang mau saja, karena takutnya begini ada yang mau ambil dana bantuan replanting tapi nanti tidak dikerjakan, tapi dengan dukungan program kemitraan dari perusahaan, menjadi jelas replantingnya akan dikerjakan dan tidak ada yang disusahkan kedepannya," ujarnya.Tentu dengan kolaborasi antara dukungan petani, pemerintah, dan swasta, program replanting sawit diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani, dan tetap mendapatkan penghasilan meski tanaman kelapa sawit masih dalam proses penanaman ulang.Adapun total luas perkebunan plasma kelapa sawit yang menjadi binaan Sinar Mas Agribusiness and Food saat ini mencapai 32.000 hektare. Perseroan berkomitmen untuk mendukung program replanting secara bertahap mulai 2019 hingga 2027 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper