Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wujudkan Sumut Agraris, Wawasan Pertanian Sejak Dini Dilakukan

Sumatra Utara (Sumut) yang agraris, unggul dengan produksi pertanian melimpah dan ketahanan pangan merupakan salah satu cita-cita yang ingin segera diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 17 November 2019  |  19:26 WIB
Hamparan tanaman padi - Dok. Kementan
Hamparan tanaman padi - Dok. Kementan

Bisnis.com, DELISERDANG - Sumatra Utara (Sumut) yang agraris, unggul dengan produksi pertanian melimpah dan ketahanan pangan merupakan salah satu cita-cita yang ingin segera diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Salah satu langkah untuk mewujudkan tersebut dilakukan melalui edukasi non formal. Sebut saja Taman Edukasi Cakra yang dikembangkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di areal kediaman pribadinya di Jalan Delitua Pamah, Gang Bunga, Deliserdang, merupakan salah satu wadah untuk belajar dan meningkatkan wawasan pertanian melalui edukasi non formal.

"Taman Edukasi Cakra ini diharapkan bisa menjadi semacam tempat belajar bagi masyarakat, untuk meningkatkan wawasan pertanian sekaligus memberi inspirasi untuk melakukan aktivitas pertanian dan ternak," katanya melalui keterangan resminya, Minggu (17/11/2019).

Edy menyayangkan saat banyak yang kurang minat atau mulai meninggalkan aktivitas pertanian. Beragam faktor menjadi penyebab, salah satunya lahan, memakan waktu lama, dan sebagainya.

Padahal, lanjutnya,sektor tersebut menjanjikan. Apalagi, saat ini inovasi pertanian dan ternak juga sudah semakin canggih. Berkebun, kata Edy, di lahan sempit dan tengah kota bisa mencoba dengan teknik urban farming. Seperti metode hidroponik, teknik vertikultur atau penanaman vertikal, dan lainnya.

"Minimal untuk kebutuhan atau sayuran pribadi kita kan lumayan itu dari kebun sendiri," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertanian
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top