Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ruas Tol Palembang-Kayu Agung Operasional sebelum Natal 2019

Ruas jalan tol Palembang-Kayu Agung dipastikan segera beroperasional sebelum Hari Raya Natal 2019 menyusul diresmikannya ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang-Kayu Agung.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 15 November 2019  |  15:40 WIB
Ruas Tol Palembang-Kayu Agung Operasional sebelum Natal 2019
Petugas PT Waskita Karya (Persero) Tbk melakukan pemantauan kondisi jalan tol ruas Kayu Agung/Palembang
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG – Ruas jalan tol Palembang—Kayu Agung dipastikan segera beroperasional sebelum Hari Raya Natal 2019 menyusul diresmikannya ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang—Kayu Agung.

Diketahui, kedua ruas jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang menyambungkan Provinsi Sumsel—Lampung.

Kepala Proyek Seksi 1 Tol Palembang-Kayu Agung, Gunawan Joko, mengatakan saat ini sebetulnya ruas tol tersebut sudah dapat fungsional.

“Saat ini belum dibuka untuk umum, sebab masih dalam tahap pengerjaan. Kami siap fungsional, untuk operasional harus ada layak uji,” katanya, Jumat (15/11/2019).

Adapun saat ini progress pengerjaan jalan tol tersebut sudah mencapai 98,05%. Menurut Gunawan, tahapan pengerjaan yang belum selesai tinggal penyempurnaan, seperti pemasangan marka jalan dan penambahan rambu-rambu.

Selain itu, kata Gunawan, ada pula pengerjaan pengaspalan ulang di sejumlah titik di jalan tol tersebut.

Gunawan menerangkan, target operasional sebelum akhir tersebut membuat pihaknya mengebut penyelesaian. Dengan demikian, masyarakat yang hendak melakukan mudik Natal dan libur Tahun Baru sudah bisa melintasi Tol Kayu Agung—Palembang.

Menurut dia, nantinya selama masa satu hingga dua pekan operasional, pengguna jalan tol tidak dikenakan tarif.

“Setelah dua minggu sosialisasi, barulah dikenakan tarif tol. Ini sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat bawah kita sudah miliki tol, sehingga lebih cepat dan lebih mudah mengakses dari Palembang menuju Lampung,” ujarnya.

Dia melanjutkan sebagian di ruas jalan tol ini dibangun di atas rawa. Namun pihaknya memastikan bahwa kontruksi di ruas jalan tol itu kuat dan aman. Pasalnya, pihaknya menerapkan sistem pengerjaan dengan vakum.

“Pengerjaan ruas ini mayoritas menggunakan sistem vakum yang kemudian tanahnya dipadatkan. Kami pastikan nantinya kontruksi tidak ambles dan jalan sepanjang tol ini tidak bergelombang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol trans sumatra Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka)
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top