Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sumut Buka Peluang Kehadiran Pabrik Otomotif

Gubernur Edy Rahmayadi membuka peluang apabila pelaku usaha membuka pabrik otomotif di Sumatra Utara.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 24 Oktober 2019  |  12:23 WIB
Edy Rahmayadi - Antara/Wahyu Putro A
Edy Rahmayadi - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, MEDAN-- Gubernur Edy Rahmayadi membuka peluang apabila pelaku usaha membuka pabrik otomotif di Sumatra Utara.

Hal tersebut diungkapkan Edy menanggapi penyelenggaraan pameran otomotif terbesar di Indonesia Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan di Medan 23-27 Oktober 2019.

Edy mengatakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) senantiasa terus mendukung perkembangan otomotif dan mendukung pengembangan inovasi otomotif karya anak bangsa.

Edy juga menyinggung soal jumlah tenaga kerja yang telah diserap Gaikindo, berkisar 1 juta lebih orang. Jika ada peluang untuk membuka pabrik di Sumut, Edy mengaku menyambut baik. Apalagi nantinya disusul dengan penyerapan sumber daya manusia di Sumut.

"Selain banyak menyumbang kepada PAD melalui pajak, akan bagus sekali jika industri otomotif ini juga menyerap tenaga kerja kita. Pertumbuhan investor pun akan terus kita upayakan, salah satunya Taiwan yang saat ini gencar melakukan investasi di negara-negara Asean," kata Edy dikutip Kamis (24/10/2019).

Edy mengapresiasi dengan salah satu kendaraan yang dipamerkan yakni becak listrik inovasi Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen dan PT PLN UIW Sumut.

"Bagus ini, karya-karya seperti ini dari anak-anak kita, harus kita dukung dan kembangkan," ujarnya saat melakukan peninjauan.

Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Dewanto Purnacandra mewakili Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyampaikan apresiasi atas dukungan Gaikindo pada Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia.

"Beberapa kegiatan teknis yang dilakukan Gaikindo untuk mendukung Kemenhub yakni pengendalian kendaraan bermotor over load, sosialisasi peningkatan keselamatan pada masyarakat, pelatihan safety riding, pelayanan bengkel saat arus mudik dan lainnya," sebut Dewanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut giias
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top