Olahraga Jadi Salah Satu Cara Sumut Bangkitkan Pariwisata

Wisata olahraga atau sport tourism merupakan salah satu strategi pariwisata yang memanfaatkan aktivitas olahraga untuk menarik sebanyak-banyaknya wisatawan.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 08 Oktober 2019  |  19:59 WIB
Olahraga Jadi Salah Satu Cara Sumut Bangkitkan Pariwisata
Ilustrasi: Balap sepeda merupakan salah satu olahraga yang dijadikan sarana memacu pariwisata. - Antara/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, MEDAN – Wisata olahraga atau sport tourism merupakan salah satu strategi pariwisata yang memanfaatkan aktivitas olahraga untuk menarik sebanyak-banyaknya wisatawan.

Jika dilihat dari kondisi daerah dan geografisnya, Sumatra Utara memiliki potensi besar menjadi salah satu destinasi yang mengusung sport tourism.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat menerima dan jamuan makan malam rombongan Indonesia Cross Country Explorer, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia, dan Mercedes Club Lampung,

“Meningkatkan pariwisata itu tentu harus banyak strateginya, salah satunya lewat aktivitas yang saudara-saudara lakukan saat ini. Semoga saat mengeksplorasi medan (track) di Sumut, bisa dibagi keseruannya nanti kepada rekan sesama pecinta touring, sehingga banyak yang datang ke Sumut ini, menggiatkan dan membangkitkan sport tourism di sini,” jelasnya melalui keterangan resmi Selasa (8/9/2019).

Musa meminta setelah menyelesaikan eksplorasi nantinya, para peserta menceritakan perjalanan dan memberikan masukan terkait wisata Sumut, sehingga membantu Pemprov Sumut untuk melakukan pembenahan dan peningkatan.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Faisal Arif Nasution menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan yang akan melakukan Indonesia Cross Country Explorer.

“Mudah-mudahan, jamuan makan malam ini menjadi ajang silaturahmi bagi sesama pecinta otomotif. Seperti kata Wagub tadi, utamakan keselamatan. Semoga sukses perjalanannya. Semoga silaturahmi kita menghasilkan sinergi yang bermanfaat di masa depan,” tutur Faisal.

Sementara itu, Koordinator Indonesia Cross Country Explorer Aji Gunawan menyampaikan bahwa seluruh rombongan yang datang hari ini akan melakukan ekplorasi atau jelajah Sumatra dengan tema Ring of Andalas (RoA).

“Sebelumnya kita sudah melakukan Ring of Java. Sekarang, kita akan melakukan RoA. Ini merupakan yang kedua kali. RoA pertama dimulai dari Jakarta. Untuk yang kedua ini, kita start dari Medan menuju kilometer 0 dan finish di Muara Bungo, Jambi. Setelah perjalanan ini, kita juga akan melanjutkan nantinya ke Ring of Borneo,” jelas Aji.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, sumatra utara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top