Infrastruktur Penopang Pariwisata Bengkulu Dipacu

Pantai Panjang berada di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samba, 4 km dari pusat kota.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 07 Oktober 2019  |  18:15 WIB
Infrastruktur Penopang Pariwisata Bengkulu Dipacu
Pantai Panjang Bengkulu. - Antara

Bisnis.com, MEDAN — Kementerian PUPR berkomitmen menyelesaikan sejumlah proyek-proyek infrastruktur di Bengkulu guna mendukung kegiatan pariwisata di daerah setempat.

Proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan antara lain pengaman pantai di sepanjang Pantai Panjang, pembangunan jalan akses menuju daerah wisata, dan penataan kawasan permukiman nelayan Kampung Sumber Jaya.

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan Pantai Panjang berada di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samba, 4 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7 km dengan lebar pantai sekitar 500 meter.

"Upaya yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dalam memfasilitasi wisatawan di Pantai Panjang adalah membangun pengaman pantai untuk menahan adanya ombak sekaligus menjaga pantai dari abrasi. Dari target 10,3 kilometer pengerjaan pengaman pantai telah tercapai 85,4 persen dan akan dilanjutkan di tahun berikutnya," jelasnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (7/10/2019).

Adapun infrastruktur lain yang sudah dirampungkan adalah jalan akses darat menuju Kampung Nelayan Sumber Jaya melewati ruas jalan Pulau Baai, sepanjang 7,9 kilometer, ruas jalan ini merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Pelabuhan Pulau Baai.

Selain pembangunan pengaman pantai Pantai Panjang dan jalan akses, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan berbagai infrastruktur di daerah wisata lainnya yaitu kampung nelayan Sumber Jaya. Kawasan Nelayan Kampung Sumber Jaya merupakan salah satu kawasan di Kota Bengkulu dengan luas 12,18 hektare dan dihuni oleh 799 Kepala Keluarga yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan.

"Pekerjaan yang telah diselesaikan adalah pekerjaan jalan lingkungan berupa paving block dan saluran drainase, jalan akses, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (taman komunal), pembangunan dermaga nelayan dan revitalisasi masjid," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bengkulu

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top