Penjualan Toyota Calya di Sumatra Ditarget Tembus Hingga 700 Unit

Penjualan mobil segmen entry MPV itu menurun sebesar 15% di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) pada periode Agustus 2019 (yoy).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 18 September 2019  |  14:51 WIB
Penjualan Toyota Calya di Sumatra Ditarget Tembus Hingga 700 Unit
Toyota Calya. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Penjualan mobil Toyota Calya di Pulau Sumatra diyakini bisa tembus 600 unit – 700 unit hingga akhir tahun ini meskipun terjadi penurunan penjualan di beberapa daerah, salah satunya Sumatra Selatan.

Operation Manager Auto2000 wilayah Sumatra, Judianto, mengatakan penjualan mobil segmen entry MPV itu menurun sebesar 15% di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) pada periode Agustus 2019 (yoy).

“Tahun 2018 penjualan Calya mencapai 1.400 unit atau 176 unit per bulan, tahun ini penjualannya turun 15% jadi 1.192 unit atau 149 unit per bulan,” katanya saat press conference peluncuran New Calya di Palembang, Rabu (18/9/2019).

Judianto mengatakan penurunan penjualan yang dihadapi diler Utama Toyota Astra Motor (TAM) itu masih dalam tahap wajar.

Menurut dia, penurunan terjadi lantaran profil pembeli berganti di mana tahun lalu didominasi taksi online sementara tahun ini pembeli mayoritas adalah masyarakat atau end user.

Operation Manager Auto2000 wilayah Sumatra Judianto (tengah) didampingi Area Coordinator Southern Sumatra PT TAM, Yules Hadi Subroto (kedua dari kiri) dan Kepala Cabang Auto2000 Tanjung Api-Api Harry Deswanto dan Kepala Cabang Auto2000 Veteran Said Ali memberikan keterangan saat jumpa pers terkait New Calya. Bisnis/Dinda Wulandari

Dia mengatakan pihaknya optimistis bisa mendongkrak penjualan selama sisa waktu empat bulan ke depan. Bahkan, kata dia, perusahaan mematok angka penjualan bisa kembali ke 170 unit per bulan seperti tahun sebelumnya.

“Kami sudah siapkan barangnya, ready tidak perlu inden-inden lagi termasuk untuk yang seri New Calya,” katanya.

Dia mengemukakan kehadiran New Calya diyakini bisa meningkatkan penjualan kendaraan tersebut pada tahun ini.

Judianto mengatakan penjualan tidak hanya diperkuat di Sumsel, melainkan provinsi lain di Sumatra, seperti Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Riau.

Sehingga, kata dia, penjualan di Sumatra dapat berkontribusi sekitar 12% terhadap penjualan Calya secara nasional.

Sementara itu, Area Coordinator Southern Sumatra PT TAM, Yules Hadi Subroto, mengatakan pihaknya mematok penjualan Calya sebanyak 5.300 unit per bulan secara nasional.

“Dengan demikian diharapkan dapat mendongkrak market share Calya jadi 50% untuk segmen MPV entry,” katanya.

Diketahui, TAM memperkenalkan Calya pada Juli 2016. Enam bulan setelahnya, Calya memberikan kontribusi dalam pasar entry MPV di mana segmen tersebut menjadi 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dari 20.731 unit pada 2015 menjadi 96.172 unit pada 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
toyota, otomotif

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top