Sail Nias 2019 Dorong Potensi Wisata Nias Jadi Destinasi Bahari Dunia

Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan promosi industri pariwisata adalah melalui sejumlah event salah satunya Sail Nias yang digelar di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Melalui kegiatan ini, Potensi pariwisata daerah, khususnya di Nias dapat semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata bahari unggulan di tingkat dunia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 16 September 2019  |  14:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menaruh perhatian yang serius terhadap pengembangan sektor pariwisata, karena diyakini dapat menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementrian Pariwisata, pada tahun 2019 sektor pariwisata diproyeksikan dapat berkontribusi sebesar Rp 280 triliun atau sebesar 15 persen terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia dan mampu menyerap 13 juta tenaga kerja.

Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan promosi industri pariwisata adalah melalui sejumlah event salah satunya Sail Nias yang digelar di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Melalui kegiatan ini, Potensi pariwisata daerah, khususnya di Nias dapat semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata bahari unggulan di tingkat dunia.

Berbagai pihak pun mendukung acara tersebut mulai dari BUMN, hingga perusahaan swasta seperti OT Group melalui dua merek produknya, yaitu wafer Tango dan air minuman dalam kemasan Crystalline sebagai pendukung utama perhelatan Sail Nias 2019.

Harianus Zebua, Head of Corporate Marketing Communication OT Group mengatakan dukungan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata, karena sektor ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang juga akan berdampak positif pada pertumbuhan bisnis perusahaan.

““Kami berharap melalui acara SAIL NIAS 2019 ini kepulauan Nias semakin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata dunia, khususnya di wisata bahari, dan dapat berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata nasional,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (16/9/2019).

Terhadap Kepulauan Nias sendiri, OT Group telah memberikan perhatian sejak lama. Mulai dari gempa besar yang melanda Kepulauan Nias di tahun 2005 kemudian berlanjut dengan program Tango Peduli Gizi Anak Indonesia (TPGAI) selama tujuh tahun.

Selama tujuh tahun, program TPGAI telah menjangkau seluruh kepulauan Nias melalui kegiatan-kegiatan seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT),  Balai Pemulihan Gizi (BPG), Home Visit, Rumah Sehat Tango, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Perbaikan Prasana Kesehatan, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan, Pelatihan Teknologi Tepat Guna, Taman Gizi Sekolah dan Keluarga, Lomba Taman Gizi Sekolah, serta Penyuluhan Gizi dan Pola Hidup Sehat.

“OT Group telah memberikan perhatian dan bantuan terhadap kepulauan Nias dalam jangka waktu yang cukup lama, mulai dari bantuan kemanusiaan, program kesehatan dan pendidikan, hingga yang terbaru saat ini adalah mendukung promosi pariwisata Kepulauan Nias melalui acara SAIL NIAS 2019, sebagai sponsor utama, “ jelasnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (16/9/2019).

Acara SAIL NIAS 2019 menghadirkan sejumlah kegiatan menarik seperti  Wind Surfing and Sailing, Free Diving Competition, Festival Lompat Batu Kepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Kuliner, Fishing Tournament, Wonderful Foto Tourism Expo dan banyak lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top