Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peringati HUT Kemerdekaan Ke-74 RI, 4.176 Napi di Aceh Dapat Remisi

Sebanyak 4.176 narapidana mendapat remisi dan 116 narapidana dinyatakan bebas di Aceh.
Abdul Hadi Firsawan
Abdul Hadi Firsawan - Bisnis.com 17 Agustus 2019  |  18:37 WIB
Sejumlah narapidana yang tidak mendapatkan remisi berada didalam jeruji besi saat upacara pemberian remisi di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (17/8/2019). Menurut keterangan kalapas kelas II B Meulaboh Jumadi, sebanyak 226 narapidana mendapatkan remisi mulai 1 bulan sampai 6 bulan dalam rangka menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaan RI. - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Sejumlah narapidana yang tidak mendapatkan remisi berada didalam jeruji besi saat upacara pemberian remisi di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (17/8/2019). Menurut keterangan kalapas kelas II B Meulaboh Jumadi, sebanyak 226 narapidana mendapatkan remisi mulai 1 bulan sampai 6 bulan dalam rangka menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaan RI. - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, BANDA ACEH -- Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah memberikan surat keputusan remisi umum kepada 4.176 narapidana di Aceh pada HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Sabtu (17/8/2019).

Selain itu, sebanyak 116 narapidana dinyatakan bebas. Meski demikian, 100 narapidana di antaranya masih harus menjalani subsider atau pengganti denda.

Nova menjelaskan pemberian remisi tidak dimaknai sebagai pemberian hak kepada warga binaan lembaga permasyarakatan, tapi lebih ke apresiasi negara terhadap warga binaan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas, dan meningkatkan kompetensi diri serta keterampilan, sehingga dapat hidup mandiri.

"Melalui pemberian remisi ini, diharapkan seluruh warga binaan di lembaga permasyarakatan akan selalu taat pada hukum dan norma yang ada, sebagai bentuk tanggung jawab pribadi kepada Tuhan dan manusia," ujarnya sebelum memberikan Surat Keputusan (SK) remisi ke narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Lambaro, Banda Aceh, Sabtu (17/8).

Nova melanjutkan saat ini, pemerintah memberikan perhatian serius kepada lapas yang kelebihan penghuni. Jumlah penghuni lapas yang melebihi kapasitas diakui dapat menjadi sumber masalah, seperti pengendalian peredaran narkoba dalam lapas, penggunaan telepon oleh warga binaan, hingga pungutan liar.

"Karena itu, langkah-langkah dan upaya pembenahan melalui program revitalisasi penyelenggaraan permasyarakatan harus terus dilakukan, di mana kita memiliki fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)," sambungnya.

Di Aceh, terdapat 26 UPT Permasyarakatan. Per Jumat (16/8), tercatat ada 8.479 narapidana dan tahanan yang terdiri atas 1.923 tahanan dan 6.556 narapidana. Pada perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 ini, sebenarnya ada 4.196 orang narapidana yang layak mendapatkan remisi umum, tapi yang telah mendapatkan persetujuan remisi hanya 4.176 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh Agus Toyib menyebutkan pada tahun ini, ada 12 UPT Permasyarakatan di Aceh yang telah mendapatkan persetujuan naik status. Perinciannya, dari cabang rutan jadi lapas kelas II B sebanyak 5 unit, cabang rutan menjadi lapas kelas III sebanyak 3 unit, cabang rutan jadi rutan sebanyak 1 unit, serta lapas kelas III menjadi lapas kelas II B sebanyak 3 unit.

"Dari 12 UPT lapas yang mengalami peningkatan status, kami membutuhkan setidaknya 80 pejabat baru untuk mengisi jabatan pada 12 lapas rutan yang mendapatkan peningkatan status," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

remisi HUT Kemerdekaan RI
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top