Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Dorong Sumatra Jadi Kawasan Industri

Sumatra diharapkan dapat bertranformasi menjadi daerah industri atau manufaktur, atau industri yang berbasis pada pengolahan sumber daya alam.
Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro/ANTARA-Wahyu Putro A
Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro/ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, MEDAN— Sumatra diharapkan dapat bertranformasi menjadi daerah industri atau manufaktur, atau industri yang berbasis pada pengolahan sumber daya alam.

Selama ini seluruh wilayah Sumatra hanya mengandalkan produksi bahan mentah guna meningkatkan kontribusi perekonomian nasional.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan sebagian besar wilayah Sumatra masih sibuk dengan hasil panen perkebunan, sehingga nilai tambah yang dihasilkan cenderung kecil dibandingkan dengan produk olahan.

“Sumatra harus mengkapitalisasikan nilai tambah di Sumatra sendiri, jangan hanya puas ekspor CPO, tapi juga harus dengan turunannya. Mau tidak mau menciptakan kawasan industri,” jelas Bambang dalam Konsultasi Regional Pulau Sumatra Penyusunan RPJMN 2020-2024 di Medan.

Bambang mengatakan apabila dalam lima tahun ke depan Sumatra masih dalam pola yang sama atau hanya mengandalkan produksi bahan mentah, pertumbuhan ekonomi nasional bisa jadi stagnan pada 5,3 persen. Menurut Bambang, harga komoditas sulit untuk stabilitas ekonomi. Pasalnya, harga komoditas sangat fluktuatif.

“Kalau Sumatra mau mengikuti pola manufaktur atau pengolahan maka bisa lebih tinggi [pertumbuhan ekonomi],” kata Bambang.

Apabila rencana tersebut dapat direalisasikan, lanjut Bambang, dari sisi industri pengolahan, Indonesia tidak lagi hanya bertumpu pada Pulau Jawa. Dia menilai sudah saatnya Pulau Sumatra dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang lebih potensial. Jadi, seluruh pemerintah provinsi ataupun pemda diminta fokus untuk investasi hilirisasi SDA.

Untuk itu , pemerintah di seluruh Sumatra diminta lebih mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Beberapa daerah yang memiliki potensi besar adalah Provinsi Aceh dengan KEK Arun Lhokseumawe, kemudian Sumatra Utara dengan kek Sei Mengke, PT Inalum, Pelabuhan Kuala Tanjung yang menjadi Hub Port International, dan KEK di wilayah lainnya, hingga KEK Mande di Sumatra Barat. “Ini tolong diperhatikan pembangunan interline-nya,” ujar Bambang.

Guna merealisasikan hal itu, pemerintah provinsi dan pemda harus dapat menggali potensi investasi. Baik investasi pemerintah, BUMN, Swasta , dan juga pihak asing. Apalagi, lanjut Bambang, letak geografis Sumatra sangat strategi berdekatan dengan negara tetangga di Asean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper