Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bapenda Riau Razia Kendaraan Nopol Luar Daerah

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau akan melakukan razia kendaraan bertonase berat dengan nomor polisi atau nopol luar daerah, yang beroperasi di wilayah tersebut.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  15:15 WIB
Ilustrasi - Antara/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi - Antara/Yulius Satria Wijaya
Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau akan melakukan razia kendaraan bertonase berat dengan nomor polisi atau nopol luar daerah, yang beroperasi di wilayah tersebut.
 
Kepala Bapenda Riau Indraputra Yana mengatakan keberadaan truk bertonase yang melebihi kapasitas tidak hanya membuat jalan menjadi cepat rusak, namun truk tonase besar ini pajaknya diduga banyak yang mengalir keluar Riau, khususnya yang bernopol luar daerah. Sementara truk-truk ini saban hari beroperasi di wilayah Riau.
 
"Kami banyak mendapatkan laporan kendaraan truk tonase termasuk truk CPO yang setiap hari melintasi jalan-jalan di Riau namun platnya bukan BM. Tentu ini sangat merugikan daerah. Mereka melintasi jalan dan merusak jalan di Riau tapi pajak kendaraannya tidak masuk ke Riau," katanya Selasa (23/7/2019).
 
Dengan kondisi tersebut, pihaknya akan melakukan razia gabungan bersama kepolisian, dinas perhubungan, dan Jasa Raharja untuk memeriksa kendaraan bernopol luar daerah atau non BM.
 
Bila ditemukan kendaraan yang dimaksud, pemda akan segera menyurati pihak perusahaan untuk segera memutasi kendaraan ke plat BM. Sehingga hasil dari pajak kendaraan bermotor tersebut bisa masuk ke Riau dan bisa digunakan untuk kepentingan pembangunan daerah, salah satunya pemeliharaan jalan.
 
Selain perusahaan, bagi kendaraan pribadi yang menggunakan nopol non BM juga akan diberikan perlakuan yang sama, yaitu diminta segera melakukan mutasi kendaraan ke Provinsi Riau.
 
"Kendaraan pribadi juga kami tertibkan, agar semuanya menggunakan nopol BM dan membayar pajak daerah ke Riau," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak riau pajak kendaraan bermotor
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top