Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bapenda Riau Razia Kendaraan Nopol Luar Daerah

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau akan melakukan razia kendaraan bertonase berat dengan nomor polisi atau nopol luar daerah, yang beroperasi di wilayah tersebut.
Ilustrasi/Antara-Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi/Antara-Yulius Satria Wijaya
Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau akan melakukan razia kendaraan bertonase berat dengan nomor polisi atau nopol luar daerah, yang beroperasi di wilayah tersebut.
 
Kepala Bapenda Riau Indraputra Yana mengatakan keberadaan truk bertonase yang melebihi kapasitas tidak hanya membuat jalan menjadi cepat rusak, namun truk tonase besar ini pajaknya diduga banyak yang mengalir keluar Riau, khususnya yang bernopol luar daerah. Sementara truk-truk ini saban hari beroperasi di wilayah Riau.
 
"Kami banyak mendapatkan laporan kendaraan truk tonase termasuk truk CPO yang setiap hari melintasi jalan-jalan di Riau namun platnya bukan BM. Tentu ini sangat merugikan daerah. Mereka melintasi jalan dan merusak jalan di Riau tapi pajak kendaraannya tidak masuk ke Riau," katanya Selasa (23/7/2019).
 
Dengan kondisi tersebut, pihaknya akan melakukan razia gabungan bersama kepolisian, dinas perhubungan, dan Jasa Raharja untuk memeriksa kendaraan bernopol luar daerah atau non BM.
 
Bila ditemukan kendaraan yang dimaksud, pemda akan segera menyurati pihak perusahaan untuk segera memutasi kendaraan ke plat BM. Sehingga hasil dari pajak kendaraan bermotor tersebut bisa masuk ke Riau dan bisa digunakan untuk kepentingan pembangunan daerah, salah satunya pemeliharaan jalan.
 
Selain perusahaan, bagi kendaraan pribadi yang menggunakan nopol non BM juga akan diberikan perlakuan yang sama, yaitu diminta segera melakukan mutasi kendaraan ke Provinsi Riau.
 
"Kendaraan pribadi juga kami tertibkan, agar semuanya menggunakan nopol BM dan membayar pajak daerah ke Riau," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper