Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemudik Peserta BPJS Kesehatan Tetap Bisa Dilayani di Perantauan

BPJS Kesehatan : saat mudik peserta yang berada di dalam atau luar daerah bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun lanjutan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  14:38 WIB
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang M. Ichwansyah Gani (dari kiri) bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia menyampaikan pemaparan terkait pelayanan kesehatan JKN-KIS selama libur Lebaran 2019. - Bisnis/Dinda Wulandari
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang M. Ichwansyah Gani (dari kiri) bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia menyampaikan pemaparan terkait pelayanan kesehatan JKN-KIS selama libur Lebaran 2019. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kota Palembang memastikan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut tetap beroperasi selama momen libur dan mudik Lebaran untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang M. Ichwansyah Gani mengatakan mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei - 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

"Saat mudik peserta yang berada di dalam atau luar daerah bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) maupun lanjutan," ujarnya saat konferensi Pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin (27/5/2019).

Ichwansyah mengatakan terdapat 39 rumah sakit di wilayah Cabang Palembang yang dipastikan tetap beroperasi selama momen tersebut.

Sementara untuk FKTP, kata dia, sebanyak 434 FKTP yang tersebar di Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin tetap beroperasi sampai 27 Mei 2019.

“Untuk masa cuti bersama kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Palembang terkait FKTP mana saja yang buka,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia mengatakan terdapat 10 Puskesmas yang buka 24 jam selama cuti bersama Lebaran, yang terhitung pada tanggal 3 Juni—4 Juni dan 7 Juni—8 Juni 2019.

“Jadi kami tetap siapkan pelayanan selama cuti Lebaran baik yang punya kartu KIS maupun tidak,” katanya.

Adapun 10 Puskesmas yang tetap buka tersebut, yakni Puskesmas Plaju, Puskesmas 7 Ulu, Puskesmas Merdeka, Puskesmas Basuki Rahmat, Puskesmas Boom Baru, Puskesmas Sematang Borang, Puskesmas Gandus, Puskesmas Pembina, Puskesmas Sei Lincah dan Puskesmas Sukarami.

Letizia menambahkan Dinkes Kota Palembang juga telah mengintegrasikan layanan di aplikasi Hallo Palembang untuk menyiapkan mobil ambulans manakala keadaan darurat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs kesehatan
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top