Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Terdampak Harga CPO

Pertumbuhan ekonomi Sumatra Utara pada kuartal I/2019 terdampak harga crude palm oil (CPO) sehingga masih stagnan bila dibandingkan dengan kuartal IV/2018 yakni di 5,3%.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 06 Mei 2019  |  15:33 WIB

Bisnis.com, MEDAN – Pertumbuhan ekonomi Sumatra Utara pada kuartal I/2019 terdampak harga crude palm oil (CPO) sehingga masih stagnan bila dibandingkan dengan kuartal IV/2018 yakni di 5,3%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Utara, Syekh Suhaimi mengatakan meskipun terdampak harga CPO, pertumbuhan ekonomi di Sumatra Utara pada periode kali ini bisa melampaui pertumbuhan ekonomi secara nasional yakni sebesar 5,07%.

Dampak harga CPO sendiri, menurutnya, cukup krusial terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatra Utara karena dari pertumbuhan sebesar 5,3% yang direalisasikan, 1,49% dari angka tersebut berasal dari sektor pertanian yang berkontribusi paling besar.

Lebih lanjut, sumber pertumbuhan pada periode ini pun berasal dari sektor lainnya yakni sebesar 1,46%; perdagangan sebesar 1%; konstruksi 0,92% dan industri 0,43%. Dia berujar, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2019 bisa membaik dengan sentimen harga CPO yang lebih tinggi.

"Kalau CPO kami sudah lebih baik (harganya), triwulan II akan lebih menjanjikan pertumbuhannya," ujarnya, Senin (6/5/2019).

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi dari sisi pengeluaran ditopang dari konsumsi rumah tangga yang menyumbang 2,14% dari total pertumbuhan ekonomi. Kemudian, disusul investasi dengan 1,86% dan lainnya sebesar 1,3%. Adapun, struktur perekonomian Sumatra Utara berkontribusi sebesar 23,33% terhadap seluruh provinsi di Sumatra. Kendati demikian, dari sisi pertumbuhan ekonominya, Sumatra Selatan merealisasikan pertumbuhan sebesar 5,68%.

"Share Sumatra Utara dalam struktur perekonomian Sumatra yang paling besar yakni 23,33%," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga cpo
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top