Sumbar Siapkan 1 Ton Rendang untuk Korban Banjir Bengkulu

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menginisiasi pengumpulan 1 ton rendang untuk dikirimkan kepada para korban banjir di Provinsi Bengkulu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 April 2019  |  21:58 WIB
Sumbar Siapkan 1 Ton Rendang untuk Korban Banjir Bengkulu
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kedua kanan) meninjau kondisi Danau Dendam Tak Sudah di Bengkulu pada Senin (29/4/2019). Laporan BPBD setempat menyebutkan air danau tersebut sempat meningkat hingga ke jalan raya dan rumah warga akibat besarnya volume air dari DAS (Daerah Aliran Sungai) di hulu Sungai Bengkulu pada Jumat (26/4/2019). - Antara/David Muharmansyah

Bisnis.com, PADANG – Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menginisiasi pengumpulan 1 ton rendang untuk dikirimkan kepada para korban banjir di Provinsi Bengkulu.

"Kita segera siapkan," ungkapnya di Padang, Sumbar, pada Senin (29/4/2019) ketika ditanyakan mengenai rencana tersebut.

Imbauan pengumpulan rendang untuk para korban bencana itu dilakukan melalui pesan di media sosial Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumbar dan langsung ditindaklanjuti oleh masing-masing kepala SKPD.

Bantuan tidak ditetapkan nilainya, ujarnya, namun biasanya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Sumbar ikut tergugah untuk mengumpulkan bantuan sehingga jumlahnya menjadi cukup banyak, mencapai 1 ton.

Rendang menjadi ikon bagi warga Sumbar untuk menunjukkan simpati kepada saudara sebangsa yang sedang mengalami bencana seperti banjir bandang atau gempa dan tsunami.

Ajakan menjadikan makanan lezat khas Minangkabau itu sebagai bentuk simpati dimulai oleh Gubernur Irwan Prayitno dan diikuti oleh ASN dan masyarakat umum.

Rendang itu biasanya dikemas dalam bungkusan 0,5 kilogram agar lebih mudah untuk disalurkan kepada masyarakat di lokasi bencana.

Pengiriman rendang itu pernah dilakukan juga untuk korban gempa Aceh, gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, gempa Nusa Tenggara Barat, dan tsunami Lampung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir, bengkulu

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top