Ini Saran KPU Medan bagi Pemilih yang Tak Bisa Pindah TPS

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan Agussyah Damanik menyebut pemilih masih bisa menggunakan hak pilihnya kendati tak bisa mengurus administrasi.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 15 April 2019  |  17:15 WIB
Ini Saran KPU Medan bagi Pemilih yang Tak Bisa Pindah TPS
Ilustrasi - ANTARA/Prasetia Fauzani

Bisnis.com, MEDAN—Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan Agussyah Damanik menyebut pemilih masih bisa menggunakan hak pilihnya kendati tak bisa mengurus administrasi. 

Menurutnya, pemilih yang tak memiliki formulir A5 untuk memindahkan tempat pemungutan suara (TPS) masih bisa menggunakan hak pilihnya.

Baik pemilih yang telah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih khusus (DPK) masih bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan TPS yang terdaftar juga domisili sesuai kartu identitas. 

“Pemilih dapat memilih sesuai TPS-nya. Pemilih DPK dapat memilih sesuai domisili,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (15/4/2019). 

Menurutnya, di luar ketentuan itu, KPU tak bisa mengakomodasi hak memilih.

Alasannya, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan memberikan kesempatan untuk mengurus administrasi pindah memilih sejak Agustus hingga Maret 2019.

Adapun, hingga batas akhir yakni 10 April 2019, tercatat sekira 1.300 form A5 sudah diterbitkan. 

“Kami memahami keluhan mereka, tetapi kami dibatasi wewenang dan melaksanakan putusan MK dan surat edaran KPU,” katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
medan, Pemilu 2019

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top