Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Universal Health Coverage Riau Capai 72%

Cakupan program universal health coverage atau pelayanan kesehatan menyeluruh di Riau sudah mencapai 72%
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 Maret 2019  |  12:31 WIB
Ilustrasi pelayanan kesehatan. - ANTARA/Siswowidodo
Ilustrasi pelayanan kesehatan. - ANTARA/Siswowidodo

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau menyatakan cakupan program universal health coverage atau pelayanan kesehatan menyeluruh sudah mencapai 72%, atau sesuai roadmap integrasi dari pemerintah pusat.
 
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution mengatakan integrasi program nasional Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) terus berlanjut di provinsi tersebut.
 
"Saat ini, cakupan universal health coverage Riau sudah mencapai 72% atau 4,4 juta jiwa, yang belum sekitar 28% atau 1,7 juta jiwa," sebutnya dalam pembukaan Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Provinsi Riau yang dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moelek, di Pekanbaru, Senin (25/3/2019).
 
Edy memerinci program integrasi Jamkesda ke JKN kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBN telah mencapai 62% atau sebanyak 1,4 juta jiwa. Lalu, untuk PBI dari APBD Riau daerah budget sharing sudah mencapai 23% atau sebanyak 511.040 jiwa.
 
Selanjutnya, untuk layanan kesehatan daerah yang belum terintegrasi, sebanyak 15% yang masih menggunakan Jamkesda.

Dia menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan terus melanjutkan program integrasi Jamkesda ke JKN, sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau jkn
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top